script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen dan cara kerja sistem kemudi rack and pinion beserta fungsinya

komponen dan cara kerja sistem kemudi rack and pinion beserta fungsinya

Komponen Sistem kemudi berdasarkan jenis steering gear atau roda gigi kemudi dibedakan menjadi beberapa macam seperti tipe recirculating ball,worm and sector,rack and pinion.Bagian sistem kemudi mulai dari steering wheel,steering coulomb,steering gear sampai dengan steering linkage atau sambungan lengan kemudi yang menghubungkan ke roda-roda depan.

Berikut ini yang kita bahas adalah tentang cara mudah memahami komponen sistem kemudi dan fungsi sistem kemudi jenis rack and pinion beserta cara kerjanya.Bagian-bagian komponen sistem kemudi rack and pinion antara lain:

  • Roda gigi pinion merupakan jenis roda gigi berbentuk pinion yang dihubungkan dari sebuah batang ke universal joint dan steering coulomb dan roda gigi pinion dihubungkan menuju ke rack.yang fungsinya jika roda gigi pinion berputar rack akan bergerak kekiri atau ke sisi kanan menggerakan roda.
  • Batang rack berfungsi untuk meneruskan gerak putar dari roda gigi pinion dan merubah arah putar menjadi gerakan mendatar kekanan dan ke kiri yang diteruskan menuju ke roda-roda depan.
  • Ball joint atau sambungan peluru komponen ini menghubungkan diantara sambungan - sambungan pada sistem kemudi terutama pada steering linkage atau sambungan lengan kemudi dan merupakan sambungan baja yang lentur dan kuat.
  • Rumah gigi kemudi atau rumah rack yang berfungsi untuk tempat yang berbentuk silinder dan pada bagian sampingnya juga berfungsi sebagai silinder tempat untuk piston pada power steering.
  • Tie rod adalah merupakan sambungan lengan kemudi yang berfungsi menghubungkan dari rack melalui ball joint dan menuju ke ball joint menuju knakel ke roda.
  • Boot steer atau karet penutup debu yang berfungsi untuk menutupi pada bagian sambungan rack,ball joint sehingga tidak kotor.
  • Disamping komponen diatas juga terdapat komponen pendukung seperti penekan dan kelengkapanya,yang berfungsi menopang rack terhadap roda gigi pinion yang fungsi lain sebagai penahan persinggungan antara rack dan pinion.
komponen dan cara kerja sistem kemudi rack and pinion beserta fungsinya

Sedangkan cara kerja sistem kemudi jenis rack and pinion kurang lebihnya adalah pada saat steering wheel diputar diteruskan melalui main shaft steering coulomb dan pinion ikut berputar sehingga rack merubah gerak putar menjadi gerak mendatar bergerak ke samping kiri atau ke samping kanan,yang diteruskan melalui tie rod lengan knakel dan roda.

Komponen sistem kemudi tipe/jenis rack and pinion mulai dari roda gigi pinion,rack,ball joint,tie rod sampai knakel dan roda yang secara mudahnya untuk mengetahui cara kerjanya adalah jika jika pinion berputar maka rack bergerak kekiri dan kekanan sampai tie rod ,knuckle menuju roda depan bergerak,atau gerak putar roda gigi pinion dirubah menjadi gerak mendatar oleh rack diteruskan ke roda depan.