script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Model Pembelajaran STAD ( student team achievement divisions)

langkah -langkah modelpembelajaran stad(student team achievment divisions)

Langkah-langkah model STAD,apa itu model pembelajaran STAD? singkatan dari student teams achievement divisions,dalambahasa Indonesianyaadalah pembelajaran tim siswa kelompok prestasi.Mengingat sekarang ini sudah menggunakan kurikulum 2013 revisi 2017 maka perlu juga mencoba berbagai macam pembelajaran inovatif yang multi metode,multi media,praktek bekerja dalam tim multi aspek dan sebagainya.

Dimana Dunia sekarang ini sudah terjadi perubahan paradigma seperti belajar tidak lagi dibatasi ruang dan waktu,peran seorang guru  sebagai seorang fasilisator maka perlu adanya penggunaan model dan metode yang inovatif seperti model pembelajaran STAD dan pembelajaran model yang lain.

Langkah-langkah model pembelajaran STAD antara lain :

  • Guru membentuk kelompok 4 orang secara heterogen baik campuran,menurut prestasi jenis kelamin dan lain-lain.
sebelum memulaipelajaran guru dapat membagi siswa atau peserta didik dalam beberapa kelompok yang anggotanya 4 orang.

  • Guru menyajikan pelajaran
setelah membentuk kelompok guru dapat menyajikan tentang pelajaran yang akan di pelajari atau tentang materi maupun kompetensi dasar yang akan dipelajari.

  • Guru memberi tugas pada anggota kelompok dan bagi anggota yang sudah mengerti memberi tahu kepada anggota yang lain sampai semua semua anggota dalam kelompok mengerti semua.
  • Guru memberi Kuis atau pertanyaan kepada seluruh siswa.
selanjutnya jika siswa semua dirasa dalam masing-masing kelompok mengertimateri yang diajarkan guru memberikan kuis atau pertanyaan dan diharapkan siswa tidak saling membantu jawaban.
  • Guru memberi evaluasi
Selanjutnya guru memberikan evaluasi atau penilain dari kuis atau pertanyaan yang di lakukan kepada siswa.
  • Guru bersama siswa menarik kesimpulan.
Menarik kesimpulan bersama dengan siswa dari hasil pelajaran kuis atau pertanyaan akan mengingatkan kembali siswa tenteng materi apa yang di pelajari,sebagai contoh misalnya dengan kalimat sederhana "Apa saja yang anda dapatkan hari ini " yang bertujuan siswa mengingat kembali tentang materi apa yang dipelajarinya.dan kesimpulan merupakan juga faktor penting untuk menutup pelajaran.

Demikian langkah-langkah model pembelajaran inovatif model STAD(student team achievement divisions) yang dapat dilakukan seorang guru dengan mengembangkan berbagai model dan metode mengajar yang sesuai dengan kondisi dan paradigma dan peran guru tidak lagi sebagi penceramah sudah berubah sebagai seorang fasilisator bagi siswa atau peserta didik.
Semoga bermanfaat.




Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Model Pembelajaran STAD ( student team achievement divisions)"