script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Kode Ban Mobil

klasifikasi dan kode ban mobil

Ban pada sebuah kendaraan seperti mobil merupakan bagian yang sangat penting,disamping untuk menahan beban kendaraan,mengontrol pengereman,menyerap goncangan/kejutan yang ditimbulkan oleh kondisi jalan yang tidak rata.Pada kendaraan ban dihubungkan dengan pelek menjadi satu kesatuan sebuah roda.

Berikut cara mudah membedakan dan membaca klasifikasi dan kode ban.

⇒Klasifikasi Ban

→Menurut cara penyimpanan udara
Pada ban bias penyimpanan udara menggunakan ban dalam,katup udara/pentil dihubungkan langsung dengan ban dalam.
Sedangkan pada ban tubeless tidak menggunakan ban dalam melainkan udara hanya ditahan oleh lapisan dalam ban yang kedap udara,dan katup udara/pentil terpasang pada pelek.
klasifikasi dan kode ban mobil
→Menurut tread patern
Sebuah pola atau sering disebut telapak pada ban yang disesuaikan dengan jenis kendaraan serta kondisi jalan yang sering dilalui biasanya menyesuaikan dengan pola misalnya untuk kenyamanan,kestabilan terdapat beberapa macam pola seperti rib.lug,rib and lug dan block.

→Menurut cara penyusunan Ply-cord.
Pada ban bias lapisan benang arahnya miring terhadap garis tengah ban dengan membentuk sudut 30 sampai dengan 40 derajat.
Pada ban radial lapisan seratnya tegak lurus terhadap garis tengah ban dan ditambahkan sebuah belt/sabuk searah lingkaran ban.

⇒Kode Ban
Standar JIS(Japanese Industrial Standard)
  • Ban dengan ban dalam 6.25-S-14-4PR
6.25 =lebar ban dalam inchi
S     = kecepatan maximum yang diijinkan(lihat tabel pada buku tabel)
14   = diameter pelek dalam inchi
4PR=kekuatan ban PR(ply rating) biasanya memakai 4 lapisan benang.

  • Ban Tubeless 185/70-H-R-13
185 = lebar ban dalam milimeter
70   = aspect ratio/perbandingan lebar dan tinggi dalam persen.
H    = Kecepatan maximum yang diijinkan
R    = Radial
13  = diameter pelek dalam inchi.


klasifikasi dan kode ban

⇒⇒ISO (International Organization of Standarization)
  • 175/70 R13 82 S
  • 175 = lebar ban dalam milimeter
  • 70   = aspect ratio 70%
  • R    = radial
  • 13   = diameter pelek dalam inchi
  • 82   = load index/kapasitas angkut beban(lihat tabel spesifikasi ban)
  • S    = kecepatan maximum yang diijinkan (lihat tabel spesifikasi ban )
Baca juga ;
Untuk lebih mudahnya membedakan klasifikasi ban yaitu menurut cara penyimpanan udara ada yang menggunakan ban dalam dan tanpa menggunakan ban dalam,menurut jenis tread partern terdapat berbagai macam pola seperti rib,lug dan lainya,menurut penyusunan ply-cord pada ban bias membentuk sudut 30-40 derajat sedang radial tegak lurus.
Pada kode ban terdapat standar JIS dan ISO,cara mudah membedakan ban misalnya dengan angka 6.25 berarti lebarnya dalam inchi,sedangkan angka depan misal 185 lebarnya dalam milimeter,jenis radial untuk kode R,aspect ratio perbandingan lebar dan tinggi dalam persen,diameter pelek satuanya inchi,dan untuk kecepatan maximum yang diijinkan serta load index kapasitas angkut beban lihat tabel spesifikasi ban.
Semoga bermanfaat.