script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian,Fungsi dan Cara kerja Power Steering

pengertian fungsi dan cara kerja power steering

Pada Sistem kemudi kendaraan dilengkapi dengan Power Steering,terutama pada kendaraan keluaran terbaru yang rata-rata menggunakan power steering pada sistem kemudi.Power Steering sendiri dibagi menjadi beberapa jenis ada yang menggunakan electrik dan menggunakan sistem hidrolik pada tipe power steering.

Power steering elektrik menggunakan sistem elektrik sedangkan tipe power steering hidrolik menggunakan fluida berupa minyak untuk power steering yang di gunakan untuk sistem kerja power stering tersebut.

Fungsi power steering sendiri adalah untuk memperingan pengemudian,kecenderungan setir atau steering wheel ada yang kecil dan besar,jika steering wheel besar lebih ringan dan yang kecil lebih berat hal ini kemudian dipasang sebuah komponen berupa power steering.

Bagian komponen power steering meliputi pompa,katup dan stering gear atau roda gigi kemudi contoh misalnya kita menggunakan roda gigi rack and pinion.
Sedangkan bagian dari Power stering adalah

  • Reservoir tank sebagai tempat menampung minyak /fluida power steering.
  • Vane pump/pompa untuk menekan fluida.
  • Katup kontrol untuk membuka dan menutup saluran /aliran fluida
  • Power cylinder/silinder dipasang piston pada pagian silinder yang nantinya mengalir disebelah kanan dan kiri piston.

pengertian,fungsi dan cara kerja power steering



Fluida akan dihisap dan ditekan pompa masuk ke katup kontrol yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran masuk ke dalam silinder dan sebagian fluida yang lain masuk melalui selang/pipa pengembali menuju reservoir. dan pada bagian silinder tenaga berhubungan ke steering gear,diteruskan ke steering linkage atau sambungan lengan kemudi menuju ke roda.
Pada saat berjalan lurus posisi piston pada silinder di tengah.
Pada saat steering wheel atau roda kemudi diputar ke arah kanan maka piston akan bergerak ke kiri
Saat belok ke kiri kebalikan saat belok ke kanan.

pengertian,fungsi dan cara kerja power steering

Baca juga:


Power steering untuk memperingan tenaga pengemudian,contoh dan gambar diatas adalah pengertian,fungsi dan cara kerja power steering jenis rack and pinion dengan menggunakan sistem hidrolik.