script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan pengapian elektronik dan konvensional

kelebihan dan kekurangan pengapian elektronik dan konvensional

Sistem pengapian pada kendaraan khususnya mobil terdapat sistem pengapian elektronik dan sistem pengapian konvensional serta sistem pengapian komputer,dimana sistem pengapian elektronik contohnya TCI-K,TCI_I dan TCI-H menggunakan transistor yang mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

Secara umum sistem pengapian elektronik di atas mempunyai beberapa kelebihan di bandingkan denganpengapian konvensional seperti tidak lagi menggunakan pemutus kontak atau platina sehingga tidak di perlukan penyetelan seperti pada sistem pengapian konvensional.

Dan kelebihan yang lain pada sistem pengapian elektronik adalah ampere lebih besar di bandingkan dengan sistem pengapian konvensional,serta beberapa keebihan yang lain seperti tidak adanya keausan pada ebonit kontakpemutus karena sudah diganti dengan transistor.

Sistem pengapian elektronik sendiri sudah menggunakan sinyal induktif dan hall pada sistem pengapian elektronik TCI-I DAN TCI-H,serta kelebihany -kelebihan dan keunggulan di bandingkan dengan sistem pengapian konvensional.

Namun sistem pengapian elektronik sendiri juga masih memiliki beberapa kekurangan seperti saat pengapian masih menggunakan konvensional dengan menggunakan vacum advencer dan goovenur advencer hal ini tentunya dimungkinkan masih terdapat detonasi karena tidak dapat menyesuaikan saat pengapian.

Untuk yang lebih sempurna adalah sistem pengapian komputer dimana sudah tidak lagi menggunakan vacum advecer dan goovenor advencer pada saat pengapian sehingga dapat mngurangi atau mencegah timbulnya detonasi atau panas yang berlebihan dan berikut gambar sistem pengapian elektronik dan pengapian komputer beserta komponen komponenya.

Sistem Pengapian Electronik.
Sistem dan Komponen Pengapian TCI (Transistorized Control Ignition ) ada beberapa macam antara lain:

➥. Sistem Pengapian TCI-K(kontak) dan komponenya.
    6 sistem pengapian(ignition system) pada mobil

    ⟹Pada sistem ini rangkaian primer koil di kendalikan oleh sebuah transistor sehingga kontak pemutus dialiri arus kecil,dan komponen-komponenya juga tahan lama di banding jenis konvensional,arus primer lebih  tinggi menjadikan pengapian juga lebih tinggi di banding konvensional.
    Namun pada pengapian ini juga masih terdapat beberapa kelemahan seperti keausan ebonit dan cam,pengaturan saat pengapian masih konvensional dengan Vacuum advencer dan Centrifugal Advencer.

    ➥ . Sistem Pengapian TCI-I(Induktif) dan komponenya.
    sistem pengapian elektronik

    Pengendali primer menggunakan transistor  dan sinyal pengendali berupa induksi dari sebuah pulser sering disebut sinyal sinus,namun masih mempunyai beberapa kelemahan pada saat pengaturan masih konvensional.dan sudah menggunakan ECU(Electronic Control Unit) pada kendaraan EFI ( Electronic Fuel Injection)

    ➥  Sistem Pengapian TCI-H(Hall)dan komponenya.
    6 sistem pengapian (ignition system)pada mobil

    Pada sistem pengapian ini juga sudah menggunakan ECU atau pada kendaraan EFI hampir sama dengan TCI-I hanya perbedaanya pada sinyal pengendali berupa sinyal kotak atau sering di sebut dengan Half generator,Kelemahanya juga sama pengaturan saat pengapian masih konvensional.

    Pengapian komputer merupakan pengembangan dari pengapian elektronik dan komponen-komponenya berbeda dengan pengapian elektronik maupun konvesional yang sudah banyak digunakan untuk sistem pengapian di mobil.

    Komponen Sistem pengapian komputer antara lain :

    komponen sistem pengapian komputer

    Terdapat beberapa macam pengapian komputer antara lain:

    .Pengapian Komputer Dengan Distributor
    6 sistem pengapian/ignition system pada mobil

    Pada pengapian komputer penyesuaian dengan mesin dengan menggunakan  sensor-senor antara lain;
    sensor rpm(Ne/CKP) untuk pemajuan saat pengapian hal ini tentu berbeda dengan pengapian konvensional dan elektronik yang menggunakan vacuum dan centrifugal advencer.
    sensor TPS(Throtle position sensor) dan MAP( Manifold Absolute Pressure) untuk menyesuaikan terhadap beban ,dan sensor lain seperti engine coolent temperature sensor dan sensor knoking untuk mendeteksi adanya detonasi pada mesin dan mengirim sinyal untuk merubah pengapian

    ➥  Pengapian Komputer Tanpa Distributor Sistem Pengapian tanpa Distributor.
    6 sistem pengapian (ignition system) pada mobil

    Sistem ini tidak menggunakan distributor tetapi menggunakan koil pengapian dengan igniter dan langsung menuju ke masing-masing busi.dan jika dilihat dari koil dan pelayanan yang digunakan terdapat sistem pengapian individual dan grup,maksudnya adalah koil dengan igniter satu koil untuk satu busi,sedang pengapian grup misal satu koil untuk beberapa busi.

    Demikian komponen -komponen sistem pengapian komputer yang banyak di gunakan pada kendaraan,seperti pengapian tanpa distributor,pengapian dengan distributor dan pengapian langsung dimana terdapat koil melayani satu busi dan satu koil untuk satu busi,

    Dari beberapa kelebihan seperti tidak memerlukan penyetelan pada sistem pengapian elektronik,ampere lebig besar dan masih mempunyai beberapa kekurangan seperti saat pemajuan pengapian menggunakan vacum dan goovenoor advencer dan untuk ebih sempurna sekarang sudah di kembangkan sistem pengapian komputer dengan distributor dan tanpa distributor.

    Posting Komentar untuk "Kelebihan dan kekurangan pengapian elektronik dan konvensional"