script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemeriksaan sistem kemudi jenis rack and pinion

pemeriksaan sistem kemudi rack and pinion


Pemeriksaan sistem kemudi rack and pinion
Dalam memeriksa sistem kemudi jenis rack and pinion pertama-tama adalah dengan mempersiapkan peralatan terlebih dahulu seperti kunci dan peralatan lainya.dan selanjutnya dengan memeriksa masing-masing komponen sistem kemudi rack and pinion.
pemeriksaansistemkemudi rack and pinion

Membongkar komponen roda gigi rack and pinion.

  • Memberi tanda terlebih dahulu supaya mudah dalam pemasangan.
  • seperti memberi tanda pada rumah roda gigi pinion dengan rumah rack.
  • memberi tanda pada tie rod end sebelum melepas.


Memeriksa kondisi rack.

  • Periksa kondisi rack seperti mengalami kebengkokan dengan mengukur menggunakan dial test indicator.
  • celah rack dengan bushing dan kondisi rack aus dengan melihat secara visual keausan yang terjadi pada rack.
  • memeriksa bearing/bantalan terhadap kerusakan jika rusak ganti dengan yang baru.
  • memeriksa bushing bila perlu ganti.


Memeriksa kondisi roda gigi pinion dan komponenya.

  • Memeriksa kondisi gigi pinion seperti karet penutup debu.
  • sil perapat,ball joint, dan memberi pelumas.
  • Memeriksa seal oli jika terdapat kerusakan perubahan bentuk ganti dengan yang baru.
  • memeriksa atau mengganti ring O jika mengalami kerusakan.


Setelah melakukan pemeriksaan komponen diatas selanjutnya melakukan perbaikan dengan mengganti komponen-komponen sistem kemudi rack and pinion yang mengalami kerusakan.

Penyetelan.
Penyetelan pada kemudi yaitu dengan menyetel pre load

Pemasangan dan perakitan
Pemasangan dan perakitan merupakan kebalikan dari pembongkaran artinya jika kita membongkar mulai dari nomer 1 sampai 10 maka pemasangan mulai dari nomer mulai dari nomer 10 sampai 1.

Pemeriksaan Power Steering.

  • Pemeriksaan dan penyetelan drive belt,dengan mengukur defleksi ketegangan drive belt.
  • Memeriksa permukaan fluida atau oli power steering (ATF) pada reservoir,harus berada diantara cold level dan hot level.
  • nyalakan mesin sampai putaran idle,belokan kemudi kekanan dan kekiri
  • dan lihat jika ada buih maka keluarkan udara dalam sistem kemudi.
  • cek tekanan fluida dengan menggunakan SST(spesial service tool) untuk mengukur tekanan fluida.
pemeriksaan sistem kemudi jenis rack and pinion


Pada pemeriksaan sistem kemudi jenis rack and pinion dengan memeriksa komponen rack serta pinion dan komponenya,dan untuk memeriksa power steering dengan memeriksa fluida pada reservoir,drive belt dan komponenya.