script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Penilaian ketrampilan K13 HOTS untuk produk

Pada kurikulum 2013 revisi terdapat penilain ketrampilan berupa kinerja,produk,proyek dan lainya yang disebut juga penilaian praktik atau ketrampilan seperti penikaian ketrampilan produk berbasis HOTS(Higher Order Tinking Skills)atau penilaian ketrampilan tingkat tinggi.

instrumen penilaian ketrampilan k13 hots untuk produk


Dalam membuat atau mengemangkan Instrumen penilaian ketrampilan berbasis HOTS dengan menyusun dan menganalis berbagai macam aspek penilaian menurut KD/Kompetensi Dasar,materi ,indikator soal dan membuat rubrik penilaian menentukan Penskoran sehingga menjadi sebuah instrumen penilaian.

Misalnya KD 4 untuk ktrampilan,selanjutnya materi yang di pelajari dan indikator untuk menentuakan atau membuat sebuah rubrik penilaian berisi nomer, kriteria atau aspek yang dinilai sampai dengan penskoran skala  0 sampai dengan 4 pada penskoran.

Setelah itu membuat analisis hubungan penilaian produk dalam proses pembelajaran HOTS seperti IPK,aspek/kriteria dan aktivitas berupa TK=transfer knowledge,CC=criticaltinking dan creatifity serta PS=problem solving yang artinya adalah transfer pengetahuan,dapat berpikir kritis dan kreatif serta dapat memecahkan masalah.

Demikian tentang instrumen penilaian ketrampilan K13 berbasis HOTS tentang penilain produk yang dimulai dari kompetens dasar,materi,indikator selanjutnya membuat rubrik penilaian dari kriteria smapai penskoran serta membuat analisis hubungan penilaian produk proses pembelajaran.
Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Instrumen Penilaian ketrampilan K13 HOTS untuk produk"