script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekerjaan dasar teknik otomotif kelas 10 semester 1 dan 2


materi pdo/pekerjaan dasar otomotif


Pekerjaan dasar teknik otomotif kelas 10 semester 1 dan 2 Dalam kurikulum 2013 revisi materi PDO/Pekerjaan Dasar Otomotif merupakan materi kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan yangmempelajari dasar-dasar otomotif,seperti jenis hand tools,power tools,spesial service tools ,workshop equipment sampai treaded fasterner,sealent dan adhesive.

PDO di bagi dalam berbagai macam kompetensi dasar dalam 3.1.merupakan kompetensi  dasar pengetahuan dan 4.1.merupakan kompetensi dasar ketrampilan yang ada pada kurikulum 2013 revisi 2017.
Pekerjaan dasar teknik otomotif kelas 10 semester 1 dan 2  adalah rangkuman materi yang di pelajari pada mata pelajaran dasar dasar teknik otomotif kurikulum 2013 untuk kelas 10 baik pada semester 1 dan semster 2 seperti di bawah ini 
➥Untuk KD 3.1 mengklasifikasi,menerapkan ,4.1.menggunakan,merawat berbagai peralatan otomotis seperti di bawah ini :

materi pdo/pekerjaan dasar otomotif

  • Jenis hand tools

mempelajari tentang berbagai macam dan jenis hand tools atau peralatan tangan yang ada di otomotif seperti berbagai macam kuci,tang,obeng,palu dan peralatan tangan yang lain yang sering di gunakandalam otomotif.

  • Jenis Power tools

Mempelajari tentang berbagai  macam handtools atau alat tenaga baik yang menggunakan tenaga listirk dan udara dari kompresor seperti gerinda,bor,air impact wrench dan peralatan tenaga yang lain.

  • Spesial service tools

Mempelajari tentang jenis peralatan spesial yang khusus di gunakan untuk  membongkar atau memasang komponen otomotif seperti valve spring compressor,ring compressor,sliding hammer dan peralatan yang lain yangkhusus untuk membonngkar pasang komponen.


  • Workshop equipment

mempelajari tentang kelengkapan yang di  gunakan dalam otomotif seperti carlift,dongkrak,pembongkar ban yang di gerakan dengan sumber tenaga dari listrik maupun sistem hidrolik peralatan yang lain yang berhubungan dengan workshop equipment.

  • Alat ukur mekanik

Mempelajari berbagai macam alat ukur mekanik  seperti jangka sorong,mikrometer,cylinder bore gauge,dial test indikator dan alat ukur yang lain yang digerakan secara mekanik.

  • Alat ukur elektik danalat ukur elektronik.

mempelajari tentang beberapa jenis alat ukur eletirk dan elektronik  yang di gunakan dalam pekerjaan otomotif seperti multi tester dan peralatan yang lain.

  • Alat ukur hidrolik

mempelajari tentang jenis alat ukur hidrolik yang di gerakan secara hidrolik untuk mengukur berbagai macam komponen otomotif seperti press hidrolik untuk mengukur tekanan dalam memasang komponen yang memerlukan tekanan dan peralatan ukur lain yang berhubungan dengan hidrolik.

  • Alat ukur Pneumatic

mempelajari tentang alat ukur yang menggunakan pneumatic atau udara tekan seperti peralatan untuk mengukur tekanan udara dan peralatan yang lain yang berhubungan dengan alat ukur pneumatic.

  • Jacking,Bloking dan Lifting.

mempelajari tentang berbagai peralatan jacking,lifting dan blocking seperti dongkrak dan cara mendongkrak yang benar menggunakan jack stand sebagai pengaman dan peralatan lain seperti car lift yang di gunakan untuk pekerjaan dalam otomotif

  • Bearing ,seal ,gasket dan hoses.

Mempelajari tentang berbagai macam bearing,seal cara membuat gasket,dan hoses seperti komponen selang yang di gunakan dalam sistem pendingin dan komponen yang lain.

  • Treaded,Fastener,sealent dan adhesive.

mempelajari tentang berbagai macam komponen treaded seperti mur dan spesifikasi baut,sealent dan komponen adhesive yang digunakan dalam pekerjaan otomotif.

Demikian Kompetensi Dasar Pekerjaan dasar teknik otomotif kelas 10 semester 1 dan 2 yang di pelajari dalam bidang Otomotif untuk pekerjaan Dasar Otomotif / PDO yang mempelajari berbagai macam peralatan dan komponen dasar dari menganalisi,menggunakan sampai dengan merawat berbagai peralatan dan komponen dalam dasar-dasar otomotif.
Semoga bermanfaat.