script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Master Silinder rem hidrolik


komponen master silinder rem hidrolik

Pada sistem rem hidrolik dan kopling hidrolik terdapat komponen master silinder yang digunakan untuk menciptakan tekanan hidrolik dari tekanan pedal menuju master silinder kemudian diteruskan ke silinder roda pada rem tromol dan kaliper pada rem cakram.

Jenis master silinder sendiri ada yang menggunakan satu piston dan dua piston dengan untuk kopling menggunakan satu piston dan untuk rem rata-rata menggunakan dua piston dalam satu master silinder.pada kendaraan sekarang untuk sistem rem kebanyakan sudah menggunakan jenis master silinder yang menggunakan dua torak/piston dalam satu silinder.

➥Komponen-komponen master silinder terdapat beberapa macam dan bagian antara lain  :

 Seperti gambar diatas di jelaskan untuk lebih mudah mempelajari master silinder secara garis besar di bagi menjadi reservoir sebagai tempat fluida atau minyak rem,silinder sebagai tempat piston/torak seal pegas dan komponenya,,piston dan seal sebagai komponen untuk menciptakan tekanan,pegas sebagai sarana untuk mengembalikan piston dan seal karet.
komponen master silinder

Contoh diatas merupakan master silinder dengan satu piston sedangkan yang menggunakan dua piston.torak sering di sebut juga dengan master silinder jenis tandem,seperti gambar di bawah ini.
komponen master silinder

Dengan menggunakan master silinder tandem berbeda dengan jenis satu torak/piston sedangkan tandem terdapat dua piston/torak yang yang digunakan satu untuk roda depan dan satunya lagi untuk roda belakang,berbeda dengan satu torak/piston yang menggunakan satu saluran untuk roda depan dan roda belakang.
komponen master silinder
Jenis silinder roda dengan dua torak yang terdapat dua saluran melalui pipa penghubung yang pada roda depan dan satu saluran roda belakang sedangkan bagian komponen dalam seperti seal karet,piston dan pegas seperti gambar dibawah ini.
komponen master silinder
Pada bagin komponen seal karet jika terjadi keausan dan perubahan bentuk dapat di lakukan dengan penggantian seal karet yang baru,hal ini sering terjadi jika terdapat gangguan pada sistem rem,jika seal rusak menyebabkan tidak terdapat tekanan pada master silinder. sehingga mengakibatkan pedal rem rendah.

Komponen -komponen master silinder yang terdapat pada sistem rem hidrolik secara garis besar terbagi menjadi resevoir, silinder,seal karet,torak/piston,pegas.
Semoga bermanfaat.