script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model pembelajaran Jigsaw langkah dan penerapanya

model pembelajaran jigsaw langkah dan penerapanya

Model Pembelajaran Jigsaw merupakan salah satu metode mnegajar inovatif yang banyak digunakan oleh para guru sebagai model pembelajaran,Jigsaw atau sering juga di sebut dengan pembelajaran tim ahli.

Dalam penjabaranya jigsaw sering juga di sebut dengan pembelajaran tim ahli,yaitu dengan mengelompokan siswa dalam sebuah tim dan terdapat siswa yang pandai dalam satu tim untuk mnegajari teman dalam satu tim.

⇾Kelebihan model Jigsaw adalah jika terdapat siswa yang kurang atau tida dapat menerima materi dari guru dapat diajari  oleh teman sendiri,karena terkadang ada siswa yang malu terhadap guru,takut dan yang lain.

Dan juga dapat memudahkan para guru mentransfer ilmu atau materi pelajaran dengan pembelajaran tim ahli yang mengajari teman dalam satu tim sehingga diharapkan peserta didik dapat memahami isi dari materi pembelajaran semua dalam masing-masing tim atau dalam selruh kelas.

⇾Kekuranganya adalah guru harus menyiapkan materi yang berbeda sesuai dengan jumlah tim atau kelompok
model pembelajaran jigsaw langkah dan penerapanya


➥Langkah - langkah dan penerapan model jigsaw (Aronson,Blaney,Stephen,Sikes and Snapp,1978)


  • Siswa atau peserta didik di bagi dalam kelompok yang masing-masing anggot terdiri dari 4 siswa.
  • Tiap tim atau kelompok mendapatkan tugas dari guru dengan materi yang berbeda.
  • Setelah terbagi menjadi beberapa tim selanjutnya dalam satu tim menunjuk siswa sebai tim ahli diharapkan siswa yang pandai dan mampu mengajari teman dalam satu tim.
  • Masing-masing tim ahli bertemu dari beberapa tim untuk berdiskusi tentang materi yang berbeda dan saling memberi tahu tentang materi temanya.
  • Setelah berdiskusi dan menemukan jawaban tim ahli kembali ke kelmpoknya dan mengajari teman dalam satu tim.
  • Selanjutnya jika sudah  seua anggota memahami materi tim ahli dari masing-masinng kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Setelah selesai Guru memberikan Evaluasi pada masing-masing kelompok
  • Selanjutnya Guru bersama dengan siswa melakukan penutup dan menarik kesimpilan dari materi yang dipelajari.
Demikian langkah model pembelajaran jigsaw serta penerapanya dalam proses pembelajaran model ini dengan tim ahli atau siswa yang cakap untuk mengajari teman dalam satu tim dan untu mencapai tujuan supaya semua siswa dapat memahami dan mengerti tentang materi pelajaran.
Semoga bermanfaat.




Posting Komentar untuk "Model pembelajaran Jigsaw langkah dan penerapanya"