script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sangat penting dalam pembelajaran praktik

kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sangat penting dalam pembelajaran praktik

Dalam materi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) khususnya dalam pembelajaran praktik sangat penting untuk dilakukan dan dilaksanakan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja saatmelakukan pembelajaran praktik.

Sebetulnya K3 sendiri juga erat kaitanya dengan kegiatan dunia industri yang selalu menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja dan kegitan lain yang ada hubunganya dengan keselamatan kerja bagi pekerja.

Adanya undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja yang mengatur bagaimana standar kesehatan dan keselamatan kerja bagi para pekerja dan khususdi sekolah erat kaitanya dengan pembelajaran praktik yang selalu menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja.

Kesehatan keselamatan kerja sendiri mempelajari bagaimana melindungi diri dan melindungi peralatan yang kita gunakan dan melindungi lingkungan agar dalam kita bekerja aman dan nyaman sesuai dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

Sebagai contoh penggunaan alat perlindungan diri  dari bahaya kerja seperti mmenggunakan masker,menggunakan kaca mata las dan penggunaan peralatan yang lain yang digunakan untuk melindungi diri dari bahaya keja.

Mengapa harus menggunakan peralatan perlindungan diri dalam bekerja,karena efek bahaya dan mengurangi kecelakaan dalam bekerja yang dapat menimbulkan beberapa penyakit yang kaitanya dengan bekerja seperti melihat las busur listrik yang mengakibatkan mata menjadi sakit,menghirup gas buang kendaraan yang mengandung racun monoxid dan bahan kimia  bahaya yang lain.

Disamping itu juga bagaimana menata tempat kerja yang bersih juga erat kaitanya dengan kesehatan kerja,penataan tempat kerja buruk disamping kurang baik juga mengganggu dalam anda bekerja terdapat bahaya seperti bahaya fisik,zat kimia,debu bahaya ergonomik saat mengangkat benda kerja,bahaya radiasi atau sinar,bahaya psikologi akibat beban pekerjaan dan bahaya  yang lain.

Disini peran pengendalian bahaya dapat di jalankan dengan baik dan benar sebagai contoh mengendalikan bahaya dengan menggunakan masker,menggunakan kacamata untuk sinar dan radiasi,,bahaya bunyi yang keras dengan penutup telinga karena dapat merusak pendengaran,getaran yang berlebihan juga dikurangi dengan peredam getaran.

Kesehaatan dan keselamatan kerja secara individu dengan memakai peralatan perlindungan masing-masing dan dikendalikan seperti asap knalpot dibuang keluar dari ruangan dan penyimpanan peralatan atau bahan yang berpotensi menimbukan kebakaran seperti bensin jangan dekat dengan panas dan penyimpanan zat kimia yang lain.Peralatan listrik kabelnya terkelupas segera diperbaiki atau ganti dengan yang baru.

Dengan melaksanakan dan menerapkan kesehatan keselamatan kerja(K3) yang sangat penting dalam bekerja khususnya dalam pembelajaran praktik di sekolah dan disemua pekerjaan yang ada hubunganya dengan bahaya kerja,dengan menjaga kesehatan keselamatan individu masing-masing,keselamatan alat yang digunakan dan keselamatan lingkungan pekerjaan diharapkan bekerja dengan aman dan nyaman.


Posting Komentar untuk "Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sangat penting dalam pembelajaran praktik"