script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Katup Overlap/Overlapping pada motor 4 langkah

Apa itu overlap/overlapping katup pada motor 4 langkah?adalah saat katup hisap dan katup buang membuka sedikit pada langkah ahkir buang sampai awal hisap,contoh paling mudah hal ini terjadi sering terjadi atau dijumpai saat kita menyetel katup pada pekerjaan tune up.Dimana saat menyetel katup secara sistematis secara sistematis pada top 1 silinder 4 tidak dapat di setel dikarenakan terjadi overlap/overlapping.



katup overlapping pada motor 4 langkah

Pada motor 4 langkah menggunakan katup hisap untuk membuka dan menutup ketika langkah hisap menghisap campuran bahan bakar dan udara pada mesin bensin dan katup buang untuk membuang gas pembakaran melalui saluran buang menuju knalpot.

Untuk lebih jelasnya kita dapat membaca diagram kerja katup saat membuka dan menutup dan lamanya katup hisap  membuka dan katup buang membuka dalam derajat putaran,karena katup sendiri digerakan oleh camshaft yang putaranya setengah putaran poros engkol.

katup overlap/overlapping pada motor 4 langkah

gambar diagram kerja katup tersebut adalah lamanya katup hisap membuka dan katup buang membuka sampai terjadinya overlap/overlapping dimana untuk overlap/overlapping sendiri sekitar 15 derajat katup hisap/masuk dan katup buang membuka sedikit secara bersamaan.
Gambar dibawah ini adalah merupakan lamanya saat katup masuk membuka dalam hitungan derajat
15 + 180 + 45 = 240



katup overlap/overlapping pada motor 4 langkah
Sedangkan lamanya katup buang membuka adalah dimulai dari  gambar dibawah ini saat katup buang memulai membuka 45 derajat  + 180 derajat + 15 derajat =240 derajat.
dan overlap/overlapping adalah sekitar 15 derajat.
katup overlap/overlapping pada motor 4 langkah

Gambar bagian atas adalah TMA titik mati atas dan bagian bawah TMB atau titik mati bawah.
ketika katup buang - membuka - piston di TMB
ketika buang - menutup - piston di TMA dan katup masuk sebaliknya.

Katup dalam kondisi overlap/overlapping dimana saat katup hisap/masuk dan katup buang terbuka sedikit,terjadinya overlap saat langkah akhir buang hingga awal hisap,berdasarkan diagram kerja katup mengalami overlap sekitar 15 derajat.