script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah Pengukuran Geometri Roda

Cara mudah  mengukur Geometri / sudut - sudut roda  dengan alat CCKG
  1. Camber adalah sudut kemiringan roda dengan garis vertikal dilihat dari depan kendaraan,fungsi camber salah satunya adalah mencegah keausan bagian dalam dan luar ban.
  2. Caster adalah sudut yang dibentuk dari kingpin /perpanjangan garis sambungan peluru ( ball joint ).dilihat dari samping kendaraan.Fungsi caster adalah salah satunya adalah mengontrol pengemudian pada kendaraan waktu berjalan.
  3. King pin adalah sudut yang dibentuk dari kingpin /perpanjangan garis sambungan peluru ( ball joint ).atas dan bawah dilihat dari depan atau belakang kendaraan.Fungsi membantu kestabilan pengemudian.
  4. Toe  dan sudut belok adalah besarnya sudut roda depan waktu berbelok.fungsinya adalah salah satunya adalah mencegah keausan dan membelok dengan lembut
  • Pengukuran Geometri roda dengan CCKG:
  • pasang meja putar dibawah roda depan ,pas pada posisi tengah.
  • lepaskan pengunci.
  • melepas kap gemuk roda depan 
  • lepas magnet tutup CCKG
cara mudah pengukuran geometri roda

➤Mengukur sudut Camber 
  • tempatkan gelembung pas ditengah,sudut camber langsung bisa dibaca pada skala camber.dan bandingkan dengan spesifikasi,jika kurang dari spesifikasi lakukan penyetelan sudut camber.
➤Mengukur sudut caster dan king pin.
  • putarkan roda keluar 20 derajat/lihat mena putar.
  • tempatkan gelembung pengukuran caster dan kingpin tepat ditengah .
  • putar kembali kearah dalam 20 derajat 
  • Baca hasil pengukuran caster dan king pin.
➤Mengukur Toe dan sudut belok.
  • lepas meja putar 
  • luruskan roda kendaraan
  • memberi tanda ditengah - tengah roda depan bagian depan dan belakang
  • meletakan toe in di belakang roda baca hasil pengukuran.
  • memindahkan pengukuran didepan roda ,lihat hasil pengukuran.
Bandingkan hasil pengukuran dibelakang dan didepan roda.
apabila jarak didepan roda lebih kecil dari belakang roda di sebut Toe in,
dan jika bagian depan lebih besar disebut toe out.
Cara pengukuran mudah camber,caster kingpin inkclinaions dapat dilakukan dengan menggunakan alat tersebut diatas untuk mengetahui sudut camber,caster,kingpin dan toe angel,sehingga dapat dilakukan dengan hasil pengukuran yang tepat.
Semoga bermanfaat.