script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukan judul penelitian tindakan kelas dengan latar belakang dan identifikasi masalah

menentukan judul penelitian tindakan kelas dengan latar belakang masalah dan identifikasi  masalah

Dalam menentukan judul yang di gunakan untuk PTK(penelitian tindakan kelas ) yang dilaksanakan oleh para guru maupun mahasiswa jika guru untuk keperluan kenaikan pangkat dan golongan atau untuk kepeluan lain yang ada hubunganya dengan penelitian.

Contoh latar belakang masalah misalnya dengan minat siswa turun saat pelajaran hanya dilakukan oleh guru tersebut dengan pencapaian kurang memuaskan misalnya guru tersebutkurang berkembang dalam menggunakan metode pembelajaran hanya metode ceramah saja yang dapat mengakibatkan siswa merasa tertekan dan kurangnya partisipasi dan perhatian siswa.

Dengan latar belakang tersebut kiranya seorang guru harus mengmbangkan dan mencoba model dan metode mngajarnya yang cocok digunakan pada era sekarang dan tidak lagi menggunakan metode ceramah di depan kelas.

Berdasarkan latar belakang masalah maka diteruskan dengan identifikasi masalah seperti di bwah ini,
mutu pendidikan masih rendah dengan hanya mengandalkan metode ceramah saja misalnya.
metode ceramah kurang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran karena siswa hanya duduk diam dan memperhatikan dan kadang yang diperhatikan bukan tentang pelajaran.

  • Partisipasi siswa dalam pembelajaran masih rendah misalnya pembelajaran kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan yang masih rendah.
  • Hasil belajar kompetensi keahlian masih rendah.
  • suasana pembelajaran yang kurang baik.
  • model pembelajaran tidak memberikan kemampuan untuk siswa berkembang.
  • model pembelajaran selama ini kurang mempertimbangan perbedaan individu masing-masing siswa dan hanya berpusat pada guru sebagai penyampai materi seperti metode ceramah yang sudah mulai banyak ditinggalkan karenakurang inovatif.

Selanjutnya berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah diatas dapat membuat sebuah judul sebagai contoh "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF JISAW "
Dengan membuat judul seperti diatas yang meneliti tentang hasil belajar dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran inovatif seperti model pembelajaran Jigsaw.

Denganmengetahui latar belakang masalah yang dihadapi diteruskan denganidentifikasi masalah  dan membuat sebuah judul penelitian tindakan kelas dan selanjutnya dilakukan dengan pembatasan masalah,rumusan masalah tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas yang dapat meningkatkan partisipasi siwa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode dan model pembelajaran inovatif.

Posting Komentar untuk "Menentukan judul penelitian tindakan kelas dengan latar belakang dan identifikasi masalah"