script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan motor bensin dan motor diesel pada kendaraan

perbedaan motor bensin dan diesel pada kendaraan

Pada kendaraan khususnnya kendaraan ringan atau TOKR teknik otomotif kendaraan ringan terdapat 2 jenis kendaraan secara garis besar jika dilihat dari komponen dan bahan bakar seperti motor atau mesin bensin dan diesel baik 2 tak maupun 4 tak.

Perbedaan antara mesin atau motor bensin dan diesel sendiri jika dilihat dari penggunaan bahan bakarnya bensin menggunakan bahan bakar bensin dan diesel menggunakan bahan bakar solar sebagai bahan bakarnya.

Jika dilihaat komponen-komponenya jelas berbeda motor bensin sendiri terdapat konvensional dan EFI sedangkan diesel sendiri menggunakan konvensional dan diesel terbaru dengan teknologi comonrail yang terdapat pada motor atau mesin bensin terbaru.

Bensin konvensional menggunakan karburator sedangkan EFI(electronic Fuel Injection) menggunakan nosel atau injektor yang seperti diesel tetapi injektor menggunakan bensin pada bahan bakarnya,Sedangkan diesel konvensional juga menggunakan nosel atau injektor dan di sempurnakan menjadi comonrail.

Kebanyakan antara motor bensin dan diesel rata-rata menggunakan motor 4 tak dan sudah meninggalkan 2 tak atau langkah yang memungkinkan kendaraan irit dan lebih baik 4 tak untuk digunakan dalam kendaraan.

Perbedaan juga pada pengoperasiannya jika motor bensin menggunakan campuran bahan bakar dan udara murni di kompresi dan di letikan dengan bunga api dari busi terjadi pembakaran,sedangkan motor diesel udara yang dikompresi kemudian di semprotkan bahan bakar terjadi pembakaran.

Untuk lebih mudahnya dalam memahami bahwa motor bensin di butuhkan sistem pengapian untuk meletikan bunga api dari busi sehingga terjadi pembakaran,sedangkan motor diesel digunakan udara murni yang di kompresi sampai suhu kerja tinggi dan di semprotkan bahan bakar sehingga terjadi pembakaran di ruang bakar.

Dengan mengetahui perbedaan motor bensin dan diesel mulai dari penggunaan bahan bakarnya bensin dan solar,komponenya juga berbeda,cara pembakaranya bensin menggunakan pengapian sedangkan diesel menggunakan udara suhu tinggi yang dikompresi di semprotkan bahan bakar terjadi pembakaran.




Posting Komentar untuk "Perbedaan motor bensin dan motor diesel pada kendaraan"