script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran daring dengan media vidio conference dan kelas virtual

pembelajaran daring dengan media vidio conference dan kelas virtual
Pembelajaran daring dengan media vidio conference dan kelas virtual


Saat ini pembelajaran daring dengan media vidio conference dan kelas virtual banyak digunakan terutama di masa pandemi coronavirus,agar belajar menjadi mudah dari jarak jauh dan banyak cara bagi tutor,guru,dosen,instruktur untuk melakukan pembelajaran secara daring dengan menggunakan atau memadukan berbagai aplikasi dan layanan yang semakin pesat dengan kemajuan teknologi di era digitalisai.

Pemebelajaran dengan vidio conference dan kelas virtual merupakan modernisasi di bidang pendidikan terutama dalam pembelajaran yang semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman,yang sebelum era digital muncul belum banyak yang menggunakan dan berbeda dengan vidio call hanya beberapa orang dan tentunya akan membuat pembelajaran semakin menarik dan seperti kelas umumnya.

Sebenarnya apa vidio conference itu? vidio conference atau sering disebut vicon adalah media untuk berinteraksi dengan melihat secara vidio atau live dengan banyak orang atau bertatap muka secara jauh dengan media vidio seperti vidio call tetapi jumlahnya lebih banyak.

Sedangkan kelas virtual adalah sebagai sarana bagi pengajar dengan cara memberikan tugas,materi dan lainya dengan membentuk kelas di dunia maya seperti layaknya sebuah kelas dengan pengajar dan siswa atau peserta seperti sekolah online,diklat,training dan kegiatan belajar lainya.

Kelebihan dari pembelajaran daring dengan vidio conference antara lain guru atau pengajar dapat berinteraksi dengan siswa seperti di dalam kelas dapat melihat wajahnya dari jarak jauh,dapat menyampaikan materi baik presentasi,vidio interaktif dan lainya,sama halnya dengan kelas virtual juga memungkinkan untuk berinteraksi dengan memberikan materi,memberi tugas,memberi nilai dan sebagainya.

Pemanfaatan pembelajaran dengan media vidio conference dan kelas virtual jelas berguna serta manfaat yang baik untuk pembelajaran jarak jauh/PJJ yang mempunyai banyak kelebihan dengan berbagai medote dan model pembelajaran yang semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman.

Adapun cara atau metode pembelajaran yang banyak digunakan saat ini antara lain :

Vidio conference

Zoom

Aplikasi yang satu ini lagi trend dan banyak digunakan terutama di masa pandemi jika dilihat dari rating,termasuk aplikasi vicon yang cukup interaktif dan menarik untuk digunakan banyak fitur keunggulan seperti dapat mengganti background virtual dimana seolah olah anda berada di pegunungan  dengan mengganti background,dan kelebihan fitur yang lain,terdapat versi gratis dan berbayar.

Webex

Sebetulnya sebelum muncul coronavirus webex sudah banyak digunakan untuk training online atau daring hampir sama dengan zoom hanya fiturnya lebih sederhana dibandingkan dengan zoom dan dapat memuat banyak peserta terdapat versi gratis dan berbayar

Google meet

aplikasi besutan google lebih ringkas dan sekarang terintegrasi denganemali gmail serta aplikasi lain seperti google classroom yang memudahkan penggunaan aplikasi menjadi satu aplikasi dan banyak digunakan juga untuk pembelajaran daring

office 365

Sama halnya dengan googel meet terdapat beberapa aplikasi yang disatukan maksudnya tidak hanyak vidio conference saja akan tetapi banyak aplikasi tambahan yang membantu dalam pembelajaran seperti sway,memberi tugas sampai melakaukan penilaian.

Kelas virtual

google clasroom

Banyak digunakan karena kemudahan dan user firendly sehingga memudahkan bagi pengajar dan siswa untuk melakukan pembeajaran melalui kelas virtual seperti membuat soal,memberi materi dan menambahkan banyak media seperti vido dan yang lain dengan cara mudah.

edmodo

sama halnnya dengan classroom juga merupakan kelas virtual yang banyak digunakan untuk pembelajaran daring yang banyak menggunakan berbagai ragam cara dan fitur yang menarik sehingga dapat melakukkan pembelajaran daring secara maksimal.

Aplikasi lain.

dan masih banyak aplikasi lain untuk membuat kelas virtual seperti menggunakan berbagai medsos dan aplikasi lain.

Dengan melihat beberapa aplikasi pembelajaran dengan media vidio conference dan kelas virtual seperti contoh dan cara diatas tergantung dari pemilihan yang tepat dan penggunaanya karena masing masing aplikasi mempunyai banyak keunggulan dan ada kekuranganya juga seperti dengan memadukan vidio conference dan kelas virtual ada juga yang hanya menggunakan vidio conference untuk berinteraksi sesuai dengan kebutuhan.



Posting Komentar untuk "Pembelajaran daring dengan media vidio conference dan kelas virtual"