script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran di era digital

Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran di era digital

Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran di era digital sekarang ini banyak digunakan oleh banyak guru di Indonesia untuk menulis sekaligus memanfaatkan sebuah blog pribadi mereka untuk kegiatan pembelajaran di samping sebagai portopolio,juga untuk mengasah ketrampilan menulis para guru selain menulis di buku,modul,diktat dan berbagai macam karya,selain itu pemanfaatan sebuah blog sebagai media pembelajaran juga sudah mengacu pada perkembangan jaman di era digital seperti era internet yang sudah semakin pesat perkembanganya.

Dalam memanfaatkan sebuah blog baik menggunakan berbagai platform seperti blogger,wordpress banyak digunakan oleh para guru di Indonesia sekarang semakin pesat karena untuk personal branding dan terlihat secara profesional juga dapat membuat karya konten kreator melalui blog atau youtube dan media yang lain dan menulis juga merupakan kegiatan literasi bagi seorang guru khususnya di era digital yang semakin maju,karena jika,tidak melakukan perubahan dan hanya berpatokan dengan pola lama akan tertinggal berbagai kemajuan khususnya dalam mengembangkan berbagai media pembelajaran yang semakin menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Perlu di ingat juga ada pepatah dari seorang penulis besar yang mengatakan bahwa :

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
― Pramoedya Ananta Toer

Terdapat beberapa manfaat blog sebagai media pembelajaran antara lain :

  • Untuk melatih menulis dan menggiatkan literasi baca tulis
Sebagai pendidik baik guru maupun dosen dan lainya menulis sebetulnya merupakan suatu kebutuhan apalagi di era digital seperti sekarang ini yang semuanya serba digital media blog sangat recomended banget karena anda dapat menulis berbagai topik dari hoby sampai membuat media pembelajaran.dan menggerakkan program literasi.
  • Untuk mengembangkan inovasi media pembelajaran
Untuk menciptakan berbagai metode,model dan media pembelajaran dengan menggunakan blog sebagai wadah sarana berbagai khususnya bagi siswa dan bermanfaat dalam media pembelajaran yang semakin banyak di butuhkan dengan pencarian di google semakin tinggi untuk mencari kebutuhan berbagai informasi.
  • Sebagai personal branding
Dapat juga sebagai personal branding karena dengan menampilkan skill atau keahlian dan pengetahuan yang anda miliki blog sangatlah tepat dalam membuat personal branding seperti website dan lainya yang dapat multifungsi.
  • Sebagai Portopolio
Dapat juga sebagai wahana portopolio anda dengan menampilkan karya anda baik berupa tulisan,gambar,desai,foto,vidio hasil karya anda yang dapat juga membantu misalnya ada orang yang membutuhkan jasa anda karena melihat portopolio anda di blog anda.
  • Menjadi seorang konten kreator dengan menghasilkan karya
Dengan menulis anda sudah menjadi seorang konten kreator untuk blog sama juga dengan menjadi seorang konten kreator seperti youtube dan lainya yang sangat bermanfaat untuk di share berguna bagi orang lain.
  • Melatih siswa untuk literasi baca dan tulis
Dengan selalu share melalui blog anda juga dapat melatih siswa untuk membaca dengan tampilan menarik di gadget mereka hal ini tentunya juga menimbulkan minat baca bagi siswa sedikit terangkat karena budaya literasi kita masih jauh dengan Negara yang sudah maju pendidikanya yang literasinya cukup tinggi.
  • Bermanfaat bagi siswa dan orang lain yang membaca artikel anda
Selain untuk siswa juga dapat bermanfaat bagi orang lain yang membaca artikel anda yang bermanfaat dan tentunya hal ini kita bersyukur dapat membantu menyebarkan informasi yang berguna dan beranfaat bagi orang lain.
  • Dapat menghasilkan penghasilan tambahan dari iklan dan lainya
Selain itu menulis di blog juga dapat menambah penghasilan seperti diterima iklan adsense dan iklan lain atau juga sebagai sarana promosi menjual berbagai produk,ebook jika anda membuat ebook dan lainya yang dapat dilakukan melalui blog anda.

Demikian cara pemanfaatan sebuah blog sebagai media pembelajaran di era digital yang semakin kompetitif mulai dari menggalakkan gerakan literasi,sebagai personal branding,utnuk portopolio dan sampai bermanfaat bagi semua orang yang membaca artikel atau postingan kita di blog anda.






Posting Komentar untuk "Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran di era digital"