script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pembelajaran kooperatif tipe group investigation

pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah model pembelajaran interaktif dengan grup melalui diskusi dengan membagi beberapa kelompok heterogen untuk berdiskusi tentang materi pembelajaran yang di sampaikan guru kepada siswa yang memacu siswa untuk berpikir kritis tingkat tinggi dengan berdiskusi mencari penemuan tentang materi yang di bahas.

pembelajaran kooperatif tipe group investigation

langkah langkah model pembelajaran kooperatif group investigation adalah sebagai berikut :

  1. guru membagi siswa dalam beberapa kelompok heterogen untuk keperluan diskusi tentang materiatau topik yang akan di bahas dalam pembelajaran
  2. guru menjelaskan inti dan maksud dari pembelajaran yang akan di bahas dan membagi tugas atau memberikan tugas kelompok pada masing masing kelompok
  3. kemudian masing masing kelompok berdiskusi tentang materi yang di berikan oleh guru yang bersifat penemuan
  4. dan setelah selesai berdiskusi juru bicara kelompok menyampaikan presentasi hasil diskusinya.
  5. selanjutnya secara bergantian masing masig kelompok menyampaikan materinya melalui juru bicaranya 
  6. setelah kelompok selesai selanjutnya guru menyampaikan hasil dan menarik kesimpulan serta melakukan evaluasi dan menutup pelajaran.
hal di atas merupakan contoh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan tentuanya jika belum menggunakan kurikulum terbaru atau kurikulum merdeka dapat membuat dahulu rpp model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan jika sudah menggunakan kurikulum merdeka terbaru sebagai gantinya adalah membuat modul ajar tentang materi dan pembelajaran kooperatif ini.

kelebihan dan kekurangan model pembelajaran kooperatif group investigation adalah melatih siswa untuk berdiskusi mencari solusi yang bersifat penemuan dan hal ini melatih siswa untuk berpikir kritis tingkat tinggi tentang penemuan yang di ajukan oleh guru sedangkan kelamahanya adalah hanya juru bicara saja yang mewakili presentasi atau pembahasan kelompoknya dan tidak semua siswa.

pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar adalah dengan model pembelajaran inovatif ini siswa dapat meningkatkan belajarnya untuk berdiskusi menemukan masalah karena bersifat investigasi atau menemukan masalah dan hal ini akan meningkatkan hasil belajar siswa karena harus berpikir kritis,berdiskusi melakukan penemuan dengan mencari dari berbagai sumber referensi yang ada dan menyampaikan hasil diskusi mereka untuk melakukan penemuan tentang materi atau topik dari guru.

demikianlah ulasan tentang pembelajaran kooperatif tipe group investigation muali dari guru membagi beberapa kelompok heterogen,menyampaikan materi yang akan di bahas,masing masing kelompok berdiskusi mencari penemuan,juru bicara menyampaikan hasil penemuanya sampai guru memberikan penjelasan menarik kesimpulan melakukan evaluasi dan menutup pelajaran.

Posting Komentar untuk "pembelajaran kooperatif tipe group investigation"