script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas 11 SMK Kurikulum 2013 semseter 1 dan semester 2

Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas 11 SMK Kurikulum 2013 semester 1 dan semester 2 terdiri dari kompetensi inti 3 ( pengetahuan dan kompetensi inti 4 ( ketrampilan) serta kompetensi dasar pengetahuan dan ketrampilam pada pelajaran atau materi produk kreatif dan kewirausahaan seperti kompetensi dasar 3.1 memahami sikap perilaku wirausaha dan kompetensi dasar 4.1 mempresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan dan seterusnya.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas 11 SMK Kurikulum 2013

produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 SMK mulai dari semester 1 sampai dengan semester 2 terdiri dari berbagai kompetensi dasar antara lain :

3.1 memahami sikap dan perilaku wirausahawan

4.1 mempresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan

3.2 menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

4.2 menentukan peluang usaha produk barang /jasa

3.3 memahami hak kekayaan intelektual

4.3 mempresentasikan hak kekayaan intelektual

3.4 menganalisis konsep/desain prototype dan kemasan produk barang/jasa

4.4 membuat desain / prototype dan kemasan produk barang/jasa

3.5 menganalisis proses kerja pembuatan prototype

4.5 membuat alur dan proses pembuatan prototype

3.6 menganalisis lembar kerja / gambar kerja untuk pembuatan prototype

4.6 membuat lembar kerja /gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa

3.7 menganalisis biaya produksi prototype

4.7 menghitung biaya produksi prototype

3.8 menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

4.8 memahami prototype produk barang/jasa

3.9 menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa

4.9 menguji prototype produk barang/jasa


di bawah ini adalah materi singkat dan rangkuman produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 smk serta produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 bab 2 

Kompetensi dasar 3.1 dan 4.1

➥sikap dan perilaku wirausahawan 

seseorang yang menjalankan dan merancang suatu usaha di sebut juga seorang wirausaha dan dalam prosesnya kewirausahaan di mulai dari beberapa tahap seperti memulai atau berniat,tahap melaksanakan usaha,thap mempertahankan usaha sampai dengan tahap mengembangkan usaha menjadi lebih baik dan berkelanjutan.

dalam hal ini di butuhkan beberapa sikap  dan perilaku sebagai seorang wirausaha seperti :

  • dapat berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif
  • dapat bekerja tekun dan selalu produktif
  • dapat berkarya berlandaskan etika bisnis yang sehat
  • dapat berkarya secara mandiri atau penuh kemandirian
  • dan dapat memecahkan masalah serta dapat juga mengambil berbagai keputusan secara tepat dan sistematis terutama hal ini berkaitan dengan resiko seperti resiko usaha.
seorang wirausahawan juga mempunyai berbagai karakteristik seperti :
  • disiplin
  • berkomitmen tinggi
  • jujur
  • kreati dan inovatif
  • mandiri dan realistis

kompetensi 3.2 dan 4.2
➥Menganalisis peluang usaha
produk kreatif dan kewirausahaan mempelajari juga bagaimana cara menganalisis peluang usaha yang di perlukan sebelum memulai usaha seperti peluang usaha internal yang ada dalam diri kita sendiri atau jenis pekuang usaha eksternal yang di luar diri kita dan hal yang paling mendasar adalah menganalisis terlebih dahulu pekuang untuk usaha yang akan di jalankan seperti peuang usaha apa? yang cocok dengan kita dan yang banyak dibutuhkan konsumen terutama jika akan menjalankan usaha sebagai seorang wirausaha seperti mencari sumber sumber yang dapat di jadikan sebagai peluang usaha.
sumber sumber peluang usaha dapat di analisa seperti :

dari diri kita
  • keahlian
  • hoby
  • pengalaman
sedangkan peluang usaha dari luar diri kita seperti :
  1. lingkungan keluarga
  2. lingkungan rumah
  3. perubahan yang terjadi
  4. ide atau gagasan dari orang lain
  5. informasi yang di peroleh dari berbagai sumber
resiko usaha
dalam menjalankan usaha sebagai seorang wirausaha tentunya juga terdapat berbagai resiko dalam usaha dan hal ini disebut juga sebagai resiko usaha,dan berbagai resiko seperti ketidakpastian sampai dengan kebangkrutan merupakan hal yang banyak di alami sebagai sebuah resiko artinya adalah jika anda akan memulai usaha atau berwirausaha terdapat resiko usaha dalam berwirausaha dan hal ini dapat di identifikasi sehingga resiko usaha nantinya tidak menimbulkan kerugian yang besar di mulai dari identifikasi sampai melakukan evaluasi untuk perbaikan.


kompetensi 3.3 dan 4.3
➥hak atas kekayaan intelektual 
HAKI atau hak atas kekayaan intelektual merupakan hak paten atau disebut juga dengan hak cipta terutama dalam berbagai karya seperti buku,lagu,pamflet,karya arsitektur,gambar,karya seni yang merupakan hak cipta artinya ada hak bagi penciptanya seperti menjual mendapatkan royalti dan lainya.
dan dalam industri atau wirausaha sering ada istilah hak paten produk barang/jasa yag merupakan kekayaan industri,dan ada juga merek seperti merek produk dan merek yang lainya.

membangun merek dagang bagi seorang wirausaha tentunya sangat perlu di lakukan agar produk barang/jasa menjadi brand yang melekat di hati konsumen.
contoh menentukan merek dagang seperti :
  1. menggunakan kata yangmudah di baca
  2. singkat dan jelas
  3. menarik
  4. mudah diingat
  5. mengandung makna
adapun cara membangun merek dagang sebagai seorang wirausaha dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain :
  1. membuat produk berkualitas dan melakukan inovasi
  2. menggunakan berbagai sosial media untuk promosi
  3. mengetahui kelebihan produk sendiri
  4. kemasan produk yang menarik
  5. membangun jaringan
  6. membuat blog/website agar cepat di kenal terutama di dunia maya melalui internet

kompetensi dasar 3.4 dan 4.4
➥prototype dan kemasan produk
protorype adalah sebuah bentuk atau model asli dari sebuah produk yang nantinya akan di pasarkan dan hal ini dapat di katagorikan menjadi beberapa macam seperti bentuk untuk memberikan informasi produk,sebagai pembuktian teori untuk menguji desain dan teori ada pula katagori visual yang di buat dengan tampilan seperti produk asli,serta prototype fungsional yang hampir mirip dengan aslinya suatu produk.

manfaat prototype adalah sebagai alat pengujian atau penyempurnaan produk barang / jasa yang akan di jual di pasaran dengan inovasi desain sebuah prototype dapat menciptakan desain dan inovasiterbaru bagi sebuah produk.

desain banyak menggunakan beberapa cara seperti prototype kertas yaitu pembuatan sebuah desain prototype dengan menggunakan kertas dan desain prototype cepat.

sedaangkan desain kemasan adalah desian kemasan produk barang/jasa dari merancang sampai proses pembuatan desain kemasan suatu produk sehingga mempunyai nilai jual tinggi,dan menyajikan proses pengemasan yang mempunyai daya tarik bagi konsumen.


kompetensi dasar 3.5 dan 4.5
➥proses pembuatan prototype produk barang/jasa
dalam proses pembuatan prototype produk memerlukan ide ide brilian sehingga menghasilkan bentuk produk yang menjual di pasaran,seperti melakukan riset pasar,memperhatikan kemampuan fasilitas perusahaan,di lanjutkan membuat skema bentuk sampai membuat gambar kerja.dengan memperhatikan standar dan spesifikasi desain.


kompetensi dasar 3.6 dan 4.6
➥membuat gambar kerja untuk prototype produk barang / jasa
kegiatan membuat gambar kerja dimulai dari proses merancang dan memulai membuat gambar kerja sebuah prototype dengan mmemperhatikan fungsi gambar kerja,alat gambar yang digunakan,sampai menganalisis gambar kerja sebuah prototype produk.


kompetensi 3.7 dan 4.7
➥analisis biaya produksi prototype
biaya produksi yang umum di gunakan adalah :
  • biaya bahan baku
  • biaya bahan penunjang
  • biaya upah tenaga kerja
  • biaya penyusutan peralatan
  • biaya sewa
  • biaya penunjang seperti admisnistrasi dan lainya
  • biaya pajak
jenis jenis biaya produksi antara lain :
jangka waktu pendek,adalah biaya yang tidak dapat di tambah jumlahnya
jangka waktu panjang adalah biaya produksi yang masih dapat berubah ubah 

menghitung biaya produksi prototype
biaya yang harus dihitung mulai dari biaya produksi,bahan baku sampai dengan biaya pembuatan produk seperti membutuhkan berbagai peralatan dan lain sebagainya.
seperti contoh :
sebuah perusahaan memproduksi produk 1.000 unit
biaya bahan baku Rp.100/unit
biaya tenaga kerja Rp.150/unit
biaya overhead variabel Rp.200/unit
biaya overhead tetap Rp.100,000
biaya pemasaran variabel Rp.100/unit
biaya pemasaran tetap Rp.150.000
biaya admisnistrasi umum dan tetap Rp.200.000
produk tersebut di jual dengan harga Rp.1500/unit dan produk terjual 1000 unit.


kompetensi 3.8 ,3.9dan 4.8 ,4.9
➥membuat dan menguji prototype
langkah - langkah membuat prototype adalah sebagai berikut :
  • mengembangkan ide
  • menyaring produk
  • desain awal dan pengujian
  • desain akhir
sebagai contoh membuat sebuah produk di mualai dari proses merencana,membuat desai prototype produk,membagi sket menjadi beberapa bagian dan divisualisasikan dalam 3D membuat model,dan selanjutnya membuat prototype berdasarkan desain.

pengujian prototype produk barang/jasa meliputi 
  • technical testing menguji produkseperti menguji uisa produk tingkat keusangan dan lainya
  • preferensi dan kepuasan,contohnya adalah konsumen menggunakan produk tersebut selama jangka waktu tertentu dan meminta mereka menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan preferensi dan kepuasan terhadap produk tersebut.
  • pengujian pasar simulasi pengujian ini adalah riset pemasaran sebuah produk
  • pengujian pasar,yaitu memasarkan produk di wilayah pasar terbatas yang mewakili semua pasar nantinya akan di jual ke pasaran.
buku produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 SMK kurikulum 2013 yang berisi tentang materi pelajaran lengkap dapat juga anda kunjungi dan download untuk di pelajari melalui link di bawah ini gratis atau jika berminat mencari yang berbayar silahkan mengunjugi e comerce seperti shopee,tokopedia dan lainya atau mengunjungi situs penerbit buku,ebook atau modul lainya.

untuk download buku produk kreatif dan kewirausahaan smk kelas xi pdf dapat melalui link di bawah ini dengan materi buku produk kreatif dan kewirausahaan kelas xi kurikulum 2013 mulai dari semester 1 dan semester 2 dari bab 1,bab 2 dan seterusnya.
produk kreatif dan kewirausahaan merupakan sebuah materi pelajaran membuat sebuah produk barang/jasa dari merancang produk membuat produk sampai memasarkan produk barang/jasa yang ada di mata pelajaran SMK kelas 11 dan kelas 12,mulai dari mempelajari sikpa dan perilaku seorang wirausahawan ,menganalisis peluang usaha sampai dengan proses produk barang/jasa dan memasarkanya.
dan sampai disini rangkuman singkat materi produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 SMK seperti materi dari semester 1 dan semester 2 mulai dari sikap perilaku wirausahawan sampai dengan menguji prototype produk barang/jasa.

berikut ini beberapa contoh video pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 SMK 
sikap dan peilaku wirausaha


vieo pembelajaran menganalisis peluang usaha 


video produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 smk hak atas kekayaan intelektual

2 komentar untuk "Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas 11 SMK Kurikulum 2013 semseter 1 dan semester 2"

  1. Anonim14.02

    ini msh kurikulum 13. mana yg kurikulum merdeka

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf blm ada waktu membuat karena berbagai kesibukan,terima kasih atas kunjunganya

      Hapus

silahkan berkomentar yang sopan,hindari spam dengan yang bermanfaat