script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

 Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara

  • Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Praktek

Menerapkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam praktek bukanlah tugas yang mudah, tetapi sangat memuaskan. Saya telah mencoba untuk menerapkan konsep “Tut Wuri Handayani” dalam pengajaran saya, memberikan dorongan dan inspirasi bagi siswa saya, bukan hanya memberikan instruksi. Saya telah berusaha untuk menciptakan suasana kelas yang lebih kolaboratif dan partisipatif, di mana siswa merasa nyaman untuk berbagi ide dan bertanya.

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Saya juga telah berusaha untuk lebih banyak mengintegrasikan pendidikan karakter dan kemandirian ke dalam kurikulum , Saya percaya bahwa pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan kemandirian. Ini adalah sesuatu yang saya pelajari dari Ki Hadjar Dewantara dan sesuatu yang saya coba terapkan dalam pengajaran saya.

  • Perubahan Diri dan Praktek Mengajar

Setelah mempelajari modul ini, saya merasa bahwa pemahaman saya tentang pendidikan telah berubah secara signifikan. Saya telah belajar bahwa pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan kemandirian. Ini telah mengubah cara saya mengajar di kelas.

Saya merasa bahwa saya sekarang lebih mampu memberikan dorongan dan inspirasi bagi siswa saya, bukan hanya memberikan instruksi. Saya merasa bahwa saya sekarang  menciptakan suasana kelas yang lebih kolaboratif dan partisipatif, di mana siswa merasa nyaman untuk berbagi ide dan bertanya.

Kesimpulan

Pemikiran Ki Hadjar Dewantara telah memberikan dampak yang signifikan pada pendidikan di Indonesia. Konsepnya tentang “Tut Wuri Handayani”, pendidikan karakter, dan kemandirian telah membentuk cara kita mengajar dan belajar. Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang pemikiran ini, saya merasa bahwa saya telah menjadi guru yang lebih baik.

Saya berharap bahwa dengan menerapkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam praktek, saya dapat membantu siswa saya untuk menjadi individu yang mandiri dan berpengetahuan. Saya berharap bahwa melalui pendidikan, kita dapat membantu membentuk generasi baru yang siap untuk menghadapi tantangan masa depan.

Saya berharap artikel blog ini dapat memberikan wawasan tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan bagaimana pemikiran ini dapat diterapkan dalam praktek. Saya berharap bahwa ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi guru-guru lain yang ingin menerapkan pemikiran ini dalam pengajaran mereka.


Posting Komentar untuk "Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1"