script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mencari dan identifikasi terminal kunci kontak

Berikut cara mudah untuk mencari terminal pada kunci kontak,biasanya dibagian belakang kunci kontak ada tulisan kecil terminal B,IG,ACC,ST
Namun untuk lebih jelas dan memastikan bahwa kondisi kunci kontak masih dalam keadaan baik,atau tulisan yang kecil kita jadi agak susah membacanya.


cara mencari terminal kunci kontak


Pada bagian belakang kunci kontak biasanya sudah terdapat kode huruf  tetapi tulisanya kecil dan kadang sulit untuk dibaca,tetapi kita dapat menggunakan AVO meter/multitester untuk memeriksanya dengan melihat gambar diatas atau langkah dibawah ini.
kunci kontak

langkah pertama siapkan avo meter / multitester set di 1x Ohm.
  • kunci kontak pada posisi ACC kemudian hubungkan avo meter pada masing - masing terminal.Jika ada 2 terminal yang berhubungan adalah terminal IG dan ACC
  • Kunci kontak pada posisi ON ada 3 terminal yang saling berhubungan adalah B,ACC,IG.dan yang tidak berhubungan adalahterminal START / STARTER.
  • Kunci kontak pada posisi START ada 3 terminal yang berhubungan yaitu B,IG,ST dan 1 terminal yang tidak berhubungan adalah terminal ACC.
Untuk mengetahui terminal pada kunci kontak dapat dilakukan dengan melihat tulisan pada bagian belakang kunci kontak,tetapi jika tidak kelihatan atau kunci kontak tidak menggunakan kode huruf atau angka dapat dilakukan dengan menggunakan AVO meter yang dihubungkan secara berurutan seperti langkah diatas dengan mudah dapat mencari masing - masing terminal mulai dari terminal B,ST,IG,ACC dan lainya .