script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Langkah - langkah Model Pembelajaran Mind Mapping

Mind Mapping atau mind map yang artinya peta pikiran atau sebuah cara untuk mencatat suatu ide/gagasan dengan cara dan teknik menggambar seperti jaringan saraf otak.boleh dikatakan sebuah cara untuk memahami peta pikiran.
Metode ini bermanfaat untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kiri dan kanan secara stimultan,dan merupakan alat berpikir organisasional yang sangat hebat.
Peta pikiran  ⇒ cara grafis ⇒ ide/gagasan.Sehingga dapat membantu:
  • menganalisa
  • menyusun
  • memahami
  • mengingat
  • menghasilkan ide - ide baru.
model pembelajaran mind mapping


Hal ini sangat baik dan efektif mencari/mendapatkan informasi keluar masuk otak anda.sebagai contoh kita akan membuat suatu presentasi selanjutnya kita gambar misal dengan sebuah kertas seperti urutan isi dari presentasi mulai dari fungsi,kegunaan,prinsip kerja,sampai dikembangkan ke langkah kerja dan masih dapat dikembangkan lagi menjadi seperti peta pikiran,seperti hubungan saraf otak kita.
sebelum kita membuat presentasi kita pasti punya pikiran/ ide yang masih ada dipikiran dan dituangkan dalam bentuk gambar / visual dengan menggunakan secarik kertas,spidol dan alat tulis lain,atau dapat juga menggunakan software.
Kegunaan Model/metode ini untuk belajar mengajar dapat membuat menjadi mandiri karena hal ini dapat membantu siswa dalam memvisualisai,memahami ide yang berbeda.dimulai dari
  • menyusun
  • merencanakan
  • menyelesaikan masalah
dengan cara gambar sederhana.
manfaat dan langkah - langkah model pembelajaran mind mapping

Tentunya sangat menarik sekali dengan menggunakan model Pembelajaran Mind Mapping sebagai salah satu model pembelajaran inovatif.yang bermanfaat untuk mengembangkan ide,kreativitas siswa dalam belajar sehingga diharapkan dapat menemukan ide - ide baru yang sangat brilian.
Adapun langkah model pembelajaran Mind Mapping adalah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  • Guru mengemukakan konsep/permasalahan sebaiknya dipilih yang mempunyai alternatif jawaban.
  • Selanjutnya membagi kelompok diskusi dan tiap kelompok hasil diskusi dan alternatif jawaban
  • Tiap kelompok membacakan hasil diskusi dengan mencatat point dipapan,mengelompokan sesuai kebutuhan siswa.
  • Dan dari data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau Guru memberikan perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru.
Dari pengertian dan langkah diatas dari mulai diskusi,mencatat point di papan dapat menggunakan mind mapping atau peta pikiran sehingga siswa dapat memetakan pikiran /ide/gagasan mereka dan bermanfaat membantu menstimulus ide-ide yang nantinya dapat menghasilkan ide - ide yang brilian.
Demikian tentang model pembelajaran Mind Mapping semoga bermanfaat.
untuk lebih jelasnya lihat vidio dibawah ini .