Manfaat dan Langkah - langkah Model Pembelajaran Mind Mapping
Mind Mapping atau mind map yang artinya peta pikiran atau sebuah cara untuk mencatat suatu ide/gagasan dengan cara dan teknik menggambar seperti jaringan saraf otak.boleh dikatakan sebuah cara untuk memahami peta pikiran.
Metode ini bermanfaat untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kiri dan kanan secara stimultan,dan merupakan alat berpikir organisasional yang sangat hebat.
Peta pikiran ⇒ cara grafis ⇒ ide/gagasan.Sehingga dapat membantu:
Hal ini sangat baik dan efektif mencari/mendapatkan informasi keluar masuk otak anda.sebagai contoh kita akan membuat suatu presentasi selanjutnya kita gambar misal dengan sebuah kertas seperti urutan isi dari presentasi mulai dari fungsi,kegunaan,prinsip kerja,sampai dikembangkan ke langkah kerja dan masih dapat dikembangkan lagi menjadi seperti peta pikiran,seperti hubungan saraf otak kita.
sebelum kita membuat presentasi kita pasti punya pikiran/ ide yang masih ada dipikiran dan dituangkan dalam bentuk gambar / visual dengan menggunakan secarik kertas,spidol dan alat tulis lain,atau dapat juga menggunakan software.
Kegunaan Model/metode ini untuk belajar mengajar dapat membuat menjadi mandiri karena hal ini dapat membantu siswa dalam memvisualisai,memahami ide yang berbeda.dimulai dari
Tentunya sangat menarik sekali dengan menggunakan model Pembelajaran Mind Mapping sebagai salah satu model pembelajaran inovatif.yang bermanfaat untuk mengembangkan ide,kreativitas siswa dalam belajar sehingga diharapkan dapat menemukan ide - ide baru yang sangat brilian.
Adapun langkah model pembelajaran Mind Mapping adalah :
Demikian tentang model pembelajaran Mind Mapping semoga bermanfaat.
untuk lebih jelasnya lihat vidio dibawah ini .
Metode ini bermanfaat untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kiri dan kanan secara stimultan,dan merupakan alat berpikir organisasional yang sangat hebat.
Peta pikiran ⇒ cara grafis ⇒ ide/gagasan.Sehingga dapat membantu:
- menganalisa
- menyusun
- memahami
- mengingat
- menghasilkan ide - ide baru.
Hal ini sangat baik dan efektif mencari/mendapatkan informasi keluar masuk otak anda.sebagai contoh kita akan membuat suatu presentasi selanjutnya kita gambar misal dengan sebuah kertas seperti urutan isi dari presentasi mulai dari fungsi,kegunaan,prinsip kerja,sampai dikembangkan ke langkah kerja dan masih dapat dikembangkan lagi menjadi seperti peta pikiran,seperti hubungan saraf otak kita.
sebelum kita membuat presentasi kita pasti punya pikiran/ ide yang masih ada dipikiran dan dituangkan dalam bentuk gambar / visual dengan menggunakan secarik kertas,spidol dan alat tulis lain,atau dapat juga menggunakan software.
Kegunaan Model/metode ini untuk belajar mengajar dapat membuat menjadi mandiri karena hal ini dapat membantu siswa dalam memvisualisai,memahami ide yang berbeda.dimulai dari
- menyusun
- merencanakan
- menyelesaikan masalah
Tentunya sangat menarik sekali dengan menggunakan model Pembelajaran Mind Mapping sebagai salah satu model pembelajaran inovatif.yang bermanfaat untuk mengembangkan ide,kreativitas siswa dalam belajar sehingga diharapkan dapat menemukan ide - ide baru yang sangat brilian.
Adapun langkah model pembelajaran Mind Mapping adalah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru mengemukakan konsep/permasalahan sebaiknya dipilih yang mempunyai alternatif jawaban.
- Selanjutnya membagi kelompok diskusi dan tiap kelompok hasil diskusi dan alternatif jawaban
- Tiap kelompok membacakan hasil diskusi dengan mencatat point dipapan,mengelompokan sesuai kebutuhan siswa.
- Dan dari data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau Guru memberikan perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru.
Demikian tentang model pembelajaran Mind Mapping semoga bermanfaat.
untuk lebih jelasnya lihat vidio dibawah ini .