script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Media Sosial blog,jejaring sosial,chat dan vidio call sebagai media Pembelajaran

Sering kita mendengar tentang media sosial dan kita juga sebagai bagian dari media sosial tersebut dengan aktif menggunakan berbagai macam media sosial.Apa pengertian media sosial?media sosial adalah media daring,dengan pengguna mudah berpartisipasi,berbagi,dan menciptakan isi.
manfaat berbagai media sosial untuk pembelajaran

Media sosial meliputi :
  • Blog
Blog singkatan dari Web blog yang memuat postingan dalam sebuah halaman Web.banyak sekali pengguna berbagai macam blog yang mencurahkan isi,ide,pengetahuan dalam postingan sebuah blog.
  • Jejaring sosial
Suatu struktur yang dibentuk simpul-simpul baik individu/organisasi yang dibangun satu/lebih tipe relasi.dan pengguna jejaring sosial semakin hari semakin beragam dan berkembang.
  • Wiki
Sebuah situs web yang memperbolehkan penggunanya menambah,menyunting,mengedit di situs web.dengan berbagai macam sumber yang jelas dan akurat,wiki baik untuk berbagai macam panduan.
  • Forum
Fasilitas untuk berdiskusi tentang berbagai macam topik.baik sekali digunakan untuk berdiskusi tentang berbagi macam topik,baik tentang pengetahuan,teknologi,hoby dan lainya.
  • Dunia virtual
adalah sebuah media elektronik dalam jaringan komputer untuk keperluan komunikasi baik satu arah maupun timbal balik secara online.
Sumber :Wikipedia

Berikut ini manfaat dari berbagai media sosial seperti blog,jejaring sosial,chat,vidio call  sebagai media pembelajaran yang berkembang pesat ahkir- ahkir ini beserta keunggulan dari masing - masing media sosial tersebut.
1. Blog
Banyak situs penyedia blog gratisan macam blogspot,wordpress,tumblr dan lain-lain.blog sendiri sangat bagus untuk sarana mengembangkat bakat menulis dengan menghadirkan konten - konten yang dan bermanfaat dan berguna bagi siapa saja yang membacanya.disamping sebagai hoby juga banyak para blogger terutama di Indonesia yang sukses meraup penghasilan dari blog mereka.

2.Jejaring Sosial
banyak macam dan ragam jejaring sosial yang dapat untuk menjalin pertemanan,persahabatan bahkan untuk mengembangkan bisnis,mencari relasi dan lain sebagainya.berikut macam jejaring sosial yang populer dan banyak penggunanya.
  • Facebook
Sebetulnya banyak sekali manfaat dari penggunaan facebook disamping menjalin persahabatan,membuat grup /komunitas untuk mengembangkan minat dan bakat bahkan dapat juga untuk berjualan di facebook dapat dilakukan.
  •  Twitter
Twiter juga sangat banyak penggunanya dengan berbagai kalangan,ingin mengetahui perkembangan dunia/topik yang lagi trend baik trending topik dunia maupun di Indonesia.
  • Youtube
Bagi yang suka dengan vidio youtube baik untuk mengembangkan minat,bakat dan hoby misalnya dengan menciptakan berbagai macam vidio tutorial,vidio eksperimen,tentang hoby dan bahkan vidio lucu yang juga banyak penggemarnya sebagai sarana hiburan dan dapat juga sebagai sarana untuk belajar.banyak juga yang sudah sukses menjadi seorang youteber yang memperoleh penghasilan dari Youtube.
  • Instagram
Baik untuk yang suka dunia Photograpy atau yang suka mengabadikan momen - momen tertentu bagus menggunakan Instagram,dilengkapi dengan berbagai macam filter,edit photo yang profesional.
  • Google +
google+ juga mempunyai beberapa keunggulan seperti terhubung dengan komunitas sesuai hoby,minat dan bakat kita.mempunyai keunggulan dapat mengelompokan dalam satu lingkaran/circles teman sehingga dapat memilah untuk memperlakukan teman,juga terdapat fitur hangout dimana kita dapat berbicara vidio call lebih dari beberapa orang.
  • Pinterest.
Pinterest juga boleh dikatakan sebagai gudangnya ide,disini banyak yang share berbagai macam ide kreasi,sangat bagus bagi mereka yang mempunyai berbagai macam hasil karya dapat menggunakan pinterest.
  • LinkedIn
hampir sama dengan facebook dan twitter tapi linkedIn agak berbeda disini banyak sekali kumpulan profesional dan sebagai sarana menjual diri,menjual diri dalam arti mempromosikan diri kita untuk mencari kerja.banyak para pencari kerja atau perekrut tenaga kerja yang menggunakan LinkedIn sebagai sarana mendemontrasikan keahlian,menhubungkan dengan pfofesional.sangat bagus sekali untuk sarana promosi diri kita dalam mencari pekerjaan.

Jejaring sosial Chat Apps.
  • Whatsapp
siapa yang tak kenal dengan aplikasi chat yang satu ini,disamping sangat baik,cepat dalam proses pengiriman berbagai pesan/ chat,juga dapat tergabung dalam berbagai grup,baik untuk menyampaikan pesan cepat dilengkapi dengan berbagai fitur mengirim foto,vidio dan lainya.
  • Line
line juga bagus dilengkapi dengan berbagi macam stiker menarik bagi penggunanya dan untuk fitur vidio callnya juga sangat baik.
  • Telegram
hampir sama dengan whattsapp di telegram juga mempunyai berbagai keunggulan diantaranya ada stiker animasi yang bagus,dalam satu grup dapat menampung kurang lebih 1000 orang.

Vidio Call

untuk sarana berinteraksi sesama pengguna dengan vidio call berikut tergolong stabil dalam penggunaanya.
  • Imo chat
fitur vidio call di imo chat tergolong stabil untuk digunakan terutama di Smartphone/Hp kita.juga di fitur chat dengan berbagai macam stiker yang menarik.
  • Hangout
hangout mempunyai kelebihan dapat digunakan untuk vidio call dengan beberapa orang,sangat baik digunakan jika kita berbicara lebih dari satu orang.dan jika anda pengguna google+ terdapat fitur hangout.

Forum
  • Kaskus 
yang satu ini sangat terkenal untuk berdiskusi tentang banyak hal anda dapat menanyakan pada ahlinya baik tentang hoby,pengetahuan tentang banyak hal

Dari berbagai macam media sosial diatas baik juga untuk dimanfaatkan dalam proses belajar/pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.seperti:
  • Blog sebagi sarana untuk menulis,menghasilkan konten yang bermanfaat.
  • Chat seperti whatsapp,telegram,line dan facebook untuk forum diskusi tentang materi
  • Youtube untuk belajar atau membuat vidio tentang tutorial 
  • Pinterest untuk menemukan ide baru dan menampilkan hasil karya/penemuan 
  • LinkedIn untuk sarana menampilkan keahlian dan promosi mencari pekerjaan
  • Vidio call,seperti hangout,imochat,facebook vido call,line dan lainya untuk pembelajaran jarak jauh
  • Dan masih banyak lagi berbagai media sosial yang dapat digunakan untuk media pembelajaran.
Dan tentunya juga sangat menyenangkan bagi para siswa,sekarang ini kebanyakan siswa sudah menggunakan berbagai macam media sosial dan dapat memanfaatkan berbagai media sosial untuk belajar dengan mengikuti perkembangan teknologi,sehingga dapat mengembangkan ide/gagasan kreatif mereka sehingga dapat menghasilkan karya - karya yang baik pula bagi kemajuan dan perkembangan mereka.
Sekian semoga bermanfaat.
Baca juga :