script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian,Perbedaan dan Keuntungan Sistem EFI pada Kendaraan

Pada kendaraan jenis EFI merupakan pengembangan dari kendaraan konvensional,EFI merupakan singkatan dari Electronic Fuel Injection,atau lebih mudahnya pengertian adalah merupakan kendaraan yang sudah mengunakan sistem injeksi dengan dikontrol baik secara mekanis maupun elektronis.
Sebagai contoh pada kendaraan konvensional pada sistem bahan bakarnya menggunakan karburator pada sistem bahan bakarnya.
pengertian,perbedaan dan keuntungan sistem efi pada kendaraan

Dibawah ini merupakan pengertian,perbedaan dan keuntungan kendaraan EFI

  • Menggunakan motor 4 tak/langkah.

Pada semua kendaraan EFI sudah menggunakan motor 4 tak terdapat 4 langkah mulai dari langkah isap,kompresi,usaha dan buang,selain lebih irit juga lebih halus,konsumsi bahan bakar lebih hemat,dibanding 2 tak.
  • Efisiensi Pembakaran  lebih baik.

→Pada proses pembakaran .
Proses pembakaran pada kendaraan EFI lebih  baik dikarenakan antara campuran bahan bakar dan udara,tekanan kompresi dan saat pengapian tepat sehingga pemakaian dan konsumsi bahan bakar lebih irit  dan polusi pada gas buang ramah lingkungan.
→Tekanan dan Perbandingan Kompresi.
Pada tekanan kompresi dan perbandingan kompresi lebih baik dan tidak menimbulkan detonasi dikarenakan tekanan kompresi,pengapian,perbandingan campuran dan nilai oktan,sehingga konsumsi bahan bakar juga lebih baik.
→Perbandingan Campuran
pada kendaraan bensin perbandingan campuran antara udara dengan bensi/bahan bakar berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dan operasional mesin.pada kendaraan EFI perbandingan campuran lebih baik dibanding konvensional.
→Desain dan Konstruksi Motor.
Untuk menghasilkan effisiensi volumetrik dan pencampuran yang homogen pada kendaraan EFI lebih baik,seperti motor dengan multi katup/klep.
  • Menggunakan sistem injeksi bahan bakar.

Sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar baik injeksi mekanis maupun elektronis,contoh misal sistem injeksi elektronis/EFI L-Jetronik volume penyemprotan bahan bakar dikontrol secara elektronis yang bekerjanya dikontrol oleh sebuah electronic control unit(ECU)atau sering disebut juga ECM (Electronic Control Module).
Perangkat elektronik menerima masukan dari beberapa sensor sehingga penyemprotan bahan bakar dapat disesuaikan dengan tepat.

  • Sistem Pengapian sudah menggunakan Elektronik.

Pada sistem pengapianya sudah mengalami penyempurnaan artinya sudah tidak menggunakan sistem pengapian konvensional melainkan menggunakan pengapian elektronik sehingga daya pengapian lebih besar,tidak lagi menggunakan kontak pemutus/platina.
Sehingga faktor perbandingan campuran,suhu mesin,detonasi atau jenis bahan bakar yang digunakan tidak dapat mempengaruhi saat pengapian.tentunya lebih baik dibandingkan dengan tipe konvensional.
  • Emisi / gas buang lebih ramah lingkungan.

mengurangi polusi,karena pada kendaraan EFI pada saat pengapian yang tepat dapt menghasilkan tekanan pembakaran yang optimal sehingga emisi / gas buang lebih bersih dibandingkan dengan konvensional.

Kendaraan sistem EFI tentunya lebih baik dibandingkan dengan konvensional berdasarkan beberapa faktor diatas mulai dari effisiensi pembakaran,sistem sudah injeksi,sistem pengapian sudah elektronik,dan emisi gas buang yang lebih baik.sehingga seperti gangguan detonasi dan lainya tidak lagi terjadi .
Semoga bermanfaat.




Posting Komentar untuk "Pengertian,Perbedaan dan Keuntungan Sistem EFI pada Kendaraan"