script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Kelistrikan Pengendali Negatif

Rangkaian kelistrikan pada kendaraan ditinjau dari aliran arus untuk menyalakan sebuah lampu terdapat dua sistem yaitu pengendali negatif dan pengendali positif.umumnya digunakan pada lampu kepala/head lamp sebuah kendaraan.
rangkaian kelistrikan pengendali negatif

Lampu kepala/head lamp sendiri fungsinya adalah untuk menerangi jalan pada malam hari dan terdapat lampu jarak jauh dan dekat.jarak dekat digunakan untuk menerangi jalan saat kendaraan berpapasan dengan mobil lain misalnya didalam kota,sedangkan lampu jarak jauh digunakan untuk menerangi jalan jika tidak berpapasan dengan kendaraan lain,sehingga jika menggunakan lampu jarak dekat pengemudi yang berpapasan tidak silau.
Yang dimaksud dengan rangkaian pengendali negatif adalah arus yang diputus oleh saklar dim mempunyai polaritas negatif,sehingga pada lampu kepala harus sudah siap positif bila saklar lampu kelapa ditarik/diputar dua kali.
rangkaian kelistrikan pengendali negatif


Gambar diatas merupakan jenis rangkaian kelistrikan pengendali negatif pada lampu kelapa/head lamp dengan menggunakan relay.
Baterai ➥ sekering➥ terminal 30 dan 86 relay / digabung ➥87 relay menuju beban/lampu ➥ 85 relay menuju ke saklar kombinasi.

untuk memperjelas pengertian rangkaian pengendali negatif pada lampu kepala dapat digabung dengan lampu kota,pada rangkaian gambar diatas lampu kota sengaja tidak digambar dengan tujuan  untuk memperjelas rangkaian pengendali negatif pada lampu kepala.
Perbedaan yang jelas antara pengendali negatif dengan pengendali positif adalah pada rangkaian lampu dan relay,pada rangkaian lampu pengendali negatif kabel yang untuk massa pada pengendali positif tidak dihubungkan ke massa melainkan ke relay.Dan pada relay terminal 30 digabung dengan terminal 86/85 karena baik 86 maupun 85 di bolak balik sama.
Semoga bermanfaat.