script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian,Prinsip Kerja dan Fungsi Sistem Hidrolik Pada Kendaraan

Pengertian Sistem Hidrolik sebuah sistem kerja menggunakan fluida/cairan pada komponen dan peralatan Otomotif,fluida yang digunakan berupa pelumas/oli atau minyak rem pada sistem rem.
Sistem hidrolik menggunakan hukum pascal sebagi prinsip kerja yang diaplikasikan pada komponen sistem hidrolik.

Prinsip kerja berdasarkan Bunyi Hukum pascal kurang lebihnya berbunyi "jika tekanan diberikan pada zat cair dalam bejana tertutup akan diteruskan kesegala arah dengan sama besar"

Fungsi dan contoh penggunaan sistem hidrolik salah satunya adalah untuk meningkatkan besar tekanan,contoh penggunaan pada dongkrak untuk menghasilkan tenaga yang besar dengan tenaga yang kecil,maksudnya dengan mengeluarkan tenaga hanya dari tangan dapat mengangkat kendaraan.

pengertian prinsip kerja dan fungsi sistem hidrolik pada kendaraan

Contoh penggunaan pada peralatan adalah dongkrak hidrolik,carlift dan lainya,pada komponen sistem rem hidrolik,power stering dan lainya.
Gambar diatas pengaplikasian dari hukum pascal yang digunakan dalam sistem rem hidrolik,
Bejana tertutup diaplikasikan dalam sistem rem atau komponen hidrolik yang lain dengan menggunakan silinder sebagai contoh master silinder,caliper dan silinder roda,dimana cairan/fluida ditekan dari master silinder menuju ke caliper atau silinder roda melalui piston dan pipa-pipa rem.
Baca juga:


Sistem hidrolik bekerja berdasarkan hukum pascal,digunakan pada komponen dan peralatan otomotif seperti dongkrak hidrolik,sistem rem hidrolik,power stering,carlift dan komponen lainya.
Semoga bermanfaat.