script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab letupan pada knalpot kendaraan

Pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor sering terdengar letupan atau ledakan,sering disebut knalpot nembak,ada beberapa penyebab yang umumnya terjadi pada letupan di knalpot antara lain di sebabkan oleh :
3 penyebab letupan pada knalpot kendaraan


1. Pengapian yang kurang baik.
Umumnya terjadi pada bagian busi yang tidak bekerja sehingga mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara tidak dapat terbakar dan keluar melalui knalpot.hal ini sering disebut dengan pembakaran luar.

2. Katup buang yang tidak tepat.
Jika katup buang membuka dan menutup tidak tepat dapat mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar keluar melalui silinder,dikarenakan katup buang tidak menutup dengan sempurna.

3. Perbandingan campuran udara dan bahan bakar tidak tepat.
Umumnya terjadi campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya atau gemuk,campuran ini terlalu banyak bahan bakar dibandingkan dengan udara,hal ini akan menimbulkan bahan bakar keluar melalui knalpot sehingga menimbulkan pembakaran diluar.

➦Perbaikan pada knalpot yang terdapat letupan adalah :

  • Perbaikan pada sistem pengapian,terutama  pada busi dengan cek busi satu persatu dan apabila terdapat busi yang tidak bekerja ganti dengan yang baru.dan juga komponen-komponen sistem pengapian yang lain.
  • Menyetel celah katup sesuai dengan spesifikasi,dengan penyetelan katup yang tepat terutama pada katup buang yang dapat menutup dengan sempurna sehingga tidak terjadi pembakaran diluar.
  • Menyetel kembali perbandingan campuran bahanbakar dan udara,sehingga diperoleh campuran yang tepat,tidak terlalu kaya bahan bakar dan tidak terlalu kurus atau jumlah udara yang lebih besar.

Penyebab letupan pada knalpot kendaraan secara garis besar penyebabnya adalah karena sistem pengapian terutama busi yang tidak bekerja sehingga terjadi pembakaran di luar,katup buang yang tidak menutup dengan sempurna dan campuran bahan bakar dan udara yang terlalu kaya atau terlalu banyak jumlah bahan bakar dibandingkan dengan jumlah udara.


Posting Komentar untuk "3 Penyebab letupan pada knalpot kendaraan"