script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis pegas Suspensi pada kendaraan(Mobil)

Suspensi pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor berfungsi untuk  meredam getaran yang diakibatkan oleh kondisi jalan,atau dapat juga untuk kenyamanan pada kendaraan,menerima gaya yang timbul pada roda.
4 jenis pegas sistem suspensi kendaraan(mobil)


➥ Pada mobil terdapat beberapa macam suspensi antara lain:
  • Suspensi Rigid/Kaku
Digunakan pada aksel depan dan belakang,gerakan salah satu roda mempengaruhi yang lain konstruksinya sederhana dan mudah dalam perawatan.
4 jenis pegas sistem suspensi mobil

  • Suspensi Independen/Bebas.
Banyak digunakan pada aksel depan dan juga saat ini banyak digunakan pada aksel belakang.pada suspensi ini gerakan roda yang satu tidak mempengaruhi roda yang lain.konstruksinya rumit dan ringan.
 4 macam pegas pada kendaraan


➦ Macam-macam pegas pada mobil

1. Pegas daun.
terbuat dari batang baja atau baja elips dan mata pegas,pegas jenis ini berfungsi untuk meneruskan gerakan dan beban dari rangka kendaraan ke rumah aksel roda,serta menahan gaya tekan yang berubah - ubah.
4 jenis pegas suspensi pada mobil

konstruksinya pegas berbentuk elips terdiri dari 3 sampai 10 lembar daun baja tipis dibuat dengan panjang yang berbeda dan diikat menjadi satu.

2.Pegas koil
Pegas ini mempunyai beberapa fungsi antara lain :
batang baja yang digulung ulir atau pegas berbentuk ulir,mengadakan perubahan dan menahan beban serta menyerap kejutan dari jalan dan getaran roda-roda.
4 jenis pegas suspensi padda kendaraan

Konstruksinya sebuah batang panjang dibentuk ulir,diletakan diantara lengan atas dan lengan bawah.
pada pegas koil biasanya di pasangkan pada suspensi jenis independent seperti suspensi model Wishbone dan Macpherson perbedaannya adalah jika whisbone pegas dan konstruksi lebih pendek ,pemakain tidak memakan tempat,dan Macpherson lebih panjang dan dapat mengantar gerakan roda dengan baik.

3. Pegas batang torsi
sebuah batang baja pegas komponenya adalah sebuah batang,pengikat,pegas ini apabila dipuntir akan kembali pada bentuk semula dengan memegas.
4 jenis pegas suspensi pada kendaraan/mobil

konstruksinya sebuah pegas yang dibuat dari batang baja yang elastis terhadap puntiran.pada ujung depan dipasang pada lengan bawah dan pada bagian belakang pada rangka.

4. Pegas Udara
Bekerja karena udara bertekanan dalam penghembus baja dan bekerja lebih lembut,konstruksinya terdiri dari tempat bajja berisikan udara dan pompa untuk menekan angin secukupnya dari kompresor.

  • Batang Stabilizer
adalah sebuah batang baja elastis bentuk U,atau sebuah baja elastis dipasangkan pada rangka melalui bantalan karet.
4 jenis pegas pada kendaraan(mobil)


➦ Peredam getaran /Shock absorber
Komponen ini digunakan untuk menyerap efek pemegasan yang timbul,adalah sebuah silinder dengan fluida didalamnya.dapat memanjang dan memendek.terdiri dari sebuah tabung,silinder,piston didalamnya.
4 jenis pegas padda sistem suspensi mobil


Sistem suspensi pada kendaraan/mobil terdiri dari pegas,stabilizer,dan shock absorber atau peredam getaran,jenis suspensi sendiri secara garis besar di bagi menjadi suspensi jenis rigid atau kaku dan suspensi jenis independent atau bebas,sedangkan jenis pegas yang ada antara lain pegas daun.pegas koil,pegas batang torsi dan pegas udara.