script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip kerja dan cara test boster rem

Pengertian dan fungsi boster rem.
Sistem rem pada kendaraan dilengkapi dengan boster yang berfungsi sebagai penguat tenaga atau penguat daya pengereman terutama pada injakan pedal rem menjadi ringan dan tenaga yang dihasilkan menjadi besar.
Komponen-komponen sistem rem sendiri antara lain pedal rem,boster,silinder master,pipa-pipa rem,caliper pada rem cakram dan silinder roda pada rem tromol
prinsip kerja dan cara test boster rem

➥ Prinsip dan cara kerja boster rem.
  • Prinsip kerja boster rem dengan memanfaatkan kevacuman udara dari hasil kerja motor sendiri.
  • Sebuah silinder tertutup didalamnya terdapat piston.
  • Terdapat 2 sisi di sebelah piston yang artinya satu sisi berhubungan dengan pedal  rem dan sisi yang lain dengan silinder master.
  • Sebuah katup kontrol diletakan di pedal dan penguat.
prinsip kerja boster rem
Cara kerja boster rem
  • jika pedal diinjak katup vacum menutup tekanan udara atmosfir.
  • jika pedal ditekan terjadi tekanan yang sama pada sisi yang sama.
  • didalam silinder terjadi 1 sisi tekanan dan 1 sisi vacum.
  • piston tertekan maju menuju sisi vacum
  • arah sisi vacum di hubungkan dengan batang pendorong master silinder menuju pedal rem.

➥Cara test bekerjanya boster/penguat tenaga pada rem adalah sebagai berikut:
  • Pada waktu mesin mati
injak pedal rem beberapa kali dan pastikan tidak ada perubahan jarak bebas pedal rem
  • Pada waktu mesin hidup
injak pedal rem beberapa kali saat mesin hidup jika ada penurunan berarti baik. 

Prinsip kerja boster atau penguat tenaga pada sistem rem adalah dengan memanfaatkan kevacuman udara,sebuah silinder terdapat piston yang satu sisi sebelah piston sisi tekanan dan sisi yang lain kevacuman,dan cara pengujian/test boster dilakukan pada saat mesin mati dan mesin hidup dilakukan dengan meninjak pedal beberapa kali dan perhatikan terdapat perubahan contohnya pada waktu mesin hidup pedal di injak beberapa kali terdapat penurunan berarti baik.