script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Sistem Rem Mobil

materi sistem rem mobil


Materi sistem rem mobil.

⇨Fungsi sistem rem
Sistem rem pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor berfungsi untuk menghentikan dan mengurangi kecepatan pada saat kendaraan berjalan.

⇨Jenis sistem rem
Jika Pada sistem rem terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari sistem rem mekanik,sistem rem hidrolik dan sistem rem udara.Sistem rem mekanik yang umum di gunakan pada rem tromol sepeda motor dan rem parkir mobil,sedangkan rem angin atau rem udara banyak digunakan pada kendaraan besar seperti bus dan truck.

⇨Sistem rem hidrolik pada mobil
Sistem rem pada mobil umumnya kali ini akan membahas tentang sistem rem pada mobil menggunakan sistem hidrolik,Sistem hidrolik sendiri bekerja dengan memanfaatkan hukum pascal.Banyak di gunakan pada rem depan maupun rem belakang baik rem tromol maupun rem cakram,

⇨Sistem rem Antilock Blockir System(ABS)
Dan sekarang ini sudah banyak di sempurnakan seperti penggunaan rem ABS(anti lock blokir system )atau sistem rem yang anti terkunci dipasang sebuah sensor kecepatan yang di kirim ke ECU,atau sudah menggunakan sistem EFI.

➥  Komponen-komponen sistem rem hidrolik pada mobil antara lain adalah :
  • Pedal rem sebagai awal untuk mengoperasikan sistem rem
  • Master silinder berguna untuk menciptakan tekanan hidrolik dari injakan pedal melalui batang/push rod yang mendorong piston untuk menekan fluida  pada master silinder.Jadi pada master silinder dilengkapi dengan piston,seal dan pegas pengembali,ada yang menggunakan 1 piston dan 2 piston tetapi rata-rata sudah menggunakan 2 piston,1 piston untuk rem depa dan 1 piston untuk rem belakang.
materi sistem rem mobil/komponen sistem rem mobil

  • Boster rem (.2) di gunakan untuk memperingan daya pengereman,dimana boster memanfaatkan kevacuman udara.
  • Pipa (.7 )dan selang fleksibel (8) di gunakan sebagai sarana untuk mengalirkan fluida setelah terdorong dari master silinder menuju silinder roda untuk rem tromol dan caliper untuk rem cakram.
  • Caliper (6)di gunakan pada rem cakram,dilengkapi dengan piston dan seal untuk menerima tekanan fluida piston akan terdorong menekan pad/kampas rem dan memperlambat atau menghentikan cakram pada bagian roda.
materi sistem rem mobil (jenis rem cakram pada mobil)


  • Silinder roda(6) fungsinya sama dengan caliper hanya silinder roda digunakan pada rem tromol,dilengkapi dengan piston,seal dan pegas pengembali terdapat beberapa macam silinder roda pada rem tromol ada yang menggunakan 1 piston dan ada yang menggunakan 2 piston.
materi sistem rem mobil dan komponen jenis rem tromol


keterangan gambar :
nomer1 sepatu rem kiri dan kampas rem,Penyetel(2)pegas pengembali(3)tromol(4)sepatu rem(5)silinder roda (6)

➦ Cara kerja dari sistem rem hidrolik pada mobil adalah :
Jika pedal rem ditekan piston akan mendorong fluida/minyak rem melalui pipa-pipa dan selang fleksibel dan sampai ke caliper untuk tem cakram dan silinder roda untuk rem tromol sehingga mendorong piston menekan pad pada rem cakram dan menekan kampas/sepatu rem pada rem tromol.

⇨Cara membuang udara pada sistem rem hidrolik
Sistem rem hidrolik bekerja dengan memanfaatkan fluida /minyak rem yang semua komponen dari master silinder sampai silinder roda dan caliper tertutup rapat supaya tidak kemasukan udara yang mengakibatkan rem tidak pakem atau tidak bekerja dengan baik,dan jika kemasukan udara harus membuang udara dalam sirkuit sistem rem atau sering disebut membleeding atau membuang udara.

Pada kendaraan seperti mobil rata-rata sudah menggunakan rem hidrolik,dan komponen-komponenya mulai dari master silinder sampai caliper dan silinder roda melalui pipa dan selang fleksibel.dan sistem rem merupakan bagian terpenting pada sebuah kendaraan karena untuk menghentikan dan memperlambat laju kendaraan
Sekian semoga bermanfaat.