script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab gerak bebas kemudi berlebihan

Gerak bebas kemudi berlebihan artinya pada saat stir di putar gerak bebas kemudi berlebihan dari biasanya dapat di akaibatkan oleh beberapa faktor antara lain adalah:

penyebab gerak bebas kemudi berlebihan

penyebab gerak bebas kemudi berlebihan
  • Joint mengalami keausan.Joint adalah jenis sambungan pada sistem kemudi yang menghubungkan antar komponen kemudi contoh untuk sistem kemudi jenis rack and pinion terdapat ball join atau sambungan peluru,merupakan sambungan baja yang elastis menahan puntiran.
  • Ball joint lengan suspensi aus
    sistem kemudi juga erat hubunganya dengan suspensi,contoh pada sambungan lengan suspensi independent terdapat lengan atas dan lengan bawah dan terdapat ball joint atau sambungan peluru.

  • Universal joint mengalami keausan.Universal joint adalah sambungan antara batang kemudi dengan batang yang menghubungkan ke roda gigi pinion.
  • Roda gigi kemudi mengalami keausan 
  • Roda gigi contoh adalah roda gigi pinion dan rack pada sistem kemudi rack and pinion.


Perbaikanya dengan mengganti komponen-komponen diatas yang mengalami keausan.

Penyebab gerak bebas kemudi yang berlebihan yang terjadi pada sistem kemudi diatas dan cara perbaikan dengan mengganti komponen yang mengalami keausan.