script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP PDO kelas X TOKR Teknik Otomotif



rpp pdo kelas x tokr teknik otomotif

RPP (rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif(PDO) kelas X Teknik Otomotif Kendaraan  Ringan /TOKR edisi kurikulum 2013 revisi dibuat berdasarkan beberapa panduan dan pedoman dalam membuat RPP di sesuaikan dengan beberapa pedoman mulai dari cara membuat RPP sampai dengan lainya.
rpp pdo kela x tokr otomotif


RPP ini berisi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran yang berisi mulai dari  Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar ,srategi metode pembelajaran,alat bahan dan media pembelajaran sampai dengan prosedur penilaian.

Rpp PDO atau Pekerjaan Dasar Otomotif  berisi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran mulai dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar,Srategi pembelajaran,methode pembelajaran sampai dengan media dan sumber beljara dan yang lain.

➦Berikut ini contoh RPP PDO kelas X TOKR revisi

  
SEMESTER GASAL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMK N 8 Purworejo
Mata Pelajaran                 : Pekerjaan Dasar Otomotif
Komp.Keahlian                 : Teknik Kendaraan Ringan
Kelas / Semester              : X / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran               : 2017 / 2018
Alokasi Waktu                   : 5 x 45 menit

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3.            Memahami,menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.            Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.1          Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools
4.1          Mengklasifikasi jenis-jenis power tools
3.2          Menggunakan macam-macam hand tools
4.2          Menggunakan macam-macam power tools

Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menjelaskan jenis – jenis dan fungsi handtools,power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§  Menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkandan mengkobinasikan jenis – jenis handtools.power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§  Memilih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan danmenentukan jenis – jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik

Tujuan Pembelajaran
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
·         dengan buku maupun melalui internet.
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan mengkombinasikan jenis – jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrikdengan buku maupun melalui internet.
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat memiih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan dan menentukan  jenis – jenis handtools dengan buku,jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
maupun melalui internet.

Materi Pembelajaran
Ø  Jenis – jenis Hand toolspower tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
dan penerapanya
Ø  Fungsi  hand tools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
dan penggunaanya.

Pendekatan,Srategi dan Metode
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik,pembelajaran cooperative learning,menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based learning)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Alokasi waktu












Pemberian rangsangan(stimulation)



1.guru membuka pembelajaran dengan meminta berdoa,menyanyikan lagu Indonesia Raya,kemudian menyapa dan menanya keadaan siswa.
2. Guru membeikan infomasi tentang tujuan pembelajaran,srategi,serta cara peniaiankompetensi yang dipelajari.
3. Sebagai apersepai untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis siswa diajak memecahkan masalah pembelajaran yang akan dibahas.
Siswa yang ditunjuk langsung memimpin doa dan bersama – sama berdoa.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Siswa memperhatikan penjelasanguru



Siswa diajak memecahkan masalah
30 menit
Inti





Pernyataan /identifikasi masalah (problrm statement

Pengumpulan data(data Collection)








Pembuktian (verification)






Menarik kesimpulan (generalization)
.       Guru membagi siswa dalam 5 kelompok dan mempunyai kemampuan yang berbeda.
.       Guru Memberikan Materi Diskusi


.       Selama diskusi guru mendorong siswa untuk terlibat diskusi,mengarahkan bila ada siswa yang melenceng jauh dari pekerjaanya.
.       Guru meminta hasil diskusi dipresentasikan.
.       Guru mengumpulkan semua hasil diskusi
.       Dengan Tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran dan menjawab evaluasi hasil diskusi.

Siswa bergabung dengan kelompoknya masing-masing.



Siswa mendiskusikan materi Yang telah ditentukan .

Siswa mendiskusikan dengan Tanya jawab didalam kelompok







Siswa mempresentasikan hasil diskusi



Siswa didampingi guru menyimpulkan hasil diskusi
170 Menit
Penutup
.       Siswa diminta memberikan kesimpulan hasil Pembelajaran

.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi informasi tentang topic pada pertemuan berikutnya.
Siswa memberikan kesimpulan




25 menit

Alat / Bahan Media Pembelajaran
v  LCD Proyektor,internet
v  Jenis hand tools,power tools,SST,Workshop Equipment,alat ukur mekanik


Sumber Belajar
§  Sasongko.2013.Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif.Jakarta.Kemendikbud.
§  Buku refernsi ,Moduldan artikel yang terkait dari Internet.

Penilaian Pembelajaran
Teknik Penilaian : Pengamatan/observasi,test tertulis,penialian unjuk kerja,portopolio

Prosedur Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
1
Soal pilihan ganda / essay
Tes tertulis
Tugas,test tertulis ,test lisan
2
Mengamati siswa prakteik dan melihat hasil kerja
Observasi,unjuk kerja Psikomotorik
Lembar kerja Penilaian Praktik,proyek ,portopolio



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMK N 8 Purworejo
Mata Pelajaran                 : Pekerjaan Dasar Otomotif
Komp.Keahlian                 : Teknik Kendaraan Ringan
Kelas / Semester              : X / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran               : 2017 / 2018
Alokasi Waktu                   : 5 x 45 menit

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3.            Memahami,menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.            Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.3          Mengklasifikasi jenis-jenis special service tools
4.3          Menggunakan macam-macam special service tools
3.4          Menerapkan workshop equipment
4.4          Menggunakanworkshop equipment


Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menjelaskan jenis – jenis dan fungsi handtools,power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§  Menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkandan mengkobinasikan jenis – jenis handtools.power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§  Memilih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan danmenentukan jenis – jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik

Tujuan Pembelajaran
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
·         dengan buku maupun melalui internet.
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan mengkombinasikan jenis – jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrikdengan buku maupun melalui internet.
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat memiih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan dan menentukan  jenis – jenis handtools dengan buku,jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
maupun melalui internet.

Materi Pembelajaran
Ø  Jenis – jenis special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
dan penerapanya
Ø  Fungsi ,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
dan penggunaanya.

Pendekatan,Srategi dan Metode
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik,pembelajaran cooperative learning,menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based learning)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Alokasi waktu












Pemberian rangsangan(stimulation)



1.guru membuka pembelajaran dengan meminta berdoa,menyanyikan lagu Indonesia Raya,kemudian menyapa dan menanya keadaan siswa.
2. Guru membeikan infomasi tentang tujuan pembelajaran,srategi,serta cara peniaiankompetensi yang dipelajari.
3. Sebagai apersepai untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis siswa diajak memecahkan masalah pembelajaran yang akan dibahas.
Siswa yang ditunjuk langsung memimpin doa dan bersama – sama berdoa.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Siswa memperhatikan penjelasanguru



Siswa diajak memecahkan masalah
30 menit
Inti





Pernyataan /identifikasi masalah (problrm statement

Pengumpulan data(data Collection)








Pembuktian (verification)






Menarik kesimpulan (generalization)
.       Guru membagi siswa dalam 5 kelompok dan mempunyai kemampuan yang berbeda.
.       Guru Memberikan Materi Diskusi


.       Selama diskusi guru mendorong siswa untuk terlibat diskusi,mengarahkan bila ada siswa yang melenceng jauh dari pekerjaanya.
.   Guru meminta hasil diskusi dipresentasikan.
.   Guru mengumpulkan semua hasil diskusi
.   Dengan Tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran dan menjawab evaluasi hasil diskusi.

Siswa bergabung dengan kelompoknya masing-masing.



Siswa mendiskusikan materi Yang telah ditentukan .

Siswa mendiskusikan dengan Tanya jawab didalam kelompok







Siswa mempresentasikan hasil diskusi



Siswa didampingi guru menyimpulkan hasil diskusi
170 Menit
Penutup
.       Siswa diminta memberikan kesimpulan hasil Pembelajaran

.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi informasi tentang topic pada pertemuan berikutnya.
Siswa memberikan kesimpulan




25 menit

Alat / Bahan Media Pembelajaran
v  LCD Proyektor,internet
v  Jenis ,SST,Workshop Equipment


Sumber Belajar
§  Sasongko.2013.Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif.Jakarta.Kemendikbud.
§  Buku refernsi ,Moduldan artikel yang terkait dari Internet.

Penilaian Pembelajaran
Teknik Penilaian : Pengamatan/observasi,test tertulis,penialian unjuk kerja,portopolio

Prosedur Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
1
Soal pilihan ganda / essay
Tes tertulis
Tugas,test tertulis ,test lisan
2
Mengamati siswa prakteik dan melihat hasil kerja
Observasi,unjuk kerja Psikomotorik
Lembar kerja Penilaian Praktik,proyek ,portopolio




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMK N 8 Purworejo
Mata Pelajaran                 : Pekerjaan Dasar Otomotif
Komp.Keahlian                 : Teknik Kendaraan Ringan
Kelas / Semester              : X / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran               : 2017 / 2018
Alokasi Waktu                   : 5 x 45 menit

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3.            Memahami,menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.            Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.5          Menerapkan alat ukur mekanik serta fungsinya
4.5          Menggunakan alat-alat ukur mekanik
3.6          Menggunakan alat-alat ukur elektrik
4.6          Menerapkan alat ukur elektrik serta fungsinya


Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menjelaskan jenis – jenis dan fungsi handtools,power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§  Menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan mengkobinasikan jenis – jenis handtools.power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§  Memilih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan danmenentukan jenis – jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik

Tujuan Pembelajaran
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
·         dengan buku maupun melalui internet.
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan mengkombinasikan jenis – jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrikdengan buku maupun melalui internet.
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat memiih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan dan menentukan  jenis – jenis handtools dengan buku,jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
maupun melalui internet.

Materi Pembelajaran
Ø  Jenis – jenis alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
dan penerapanya
Ø  Fungsi ,alat ukurmekanik dan elektrik
dan penggunaanya.

Pendekatan,Srategi dan Metode
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik,pembelajaran cooperative learning,menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based learning)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Alokasi waktu












Pemberian rangsangan(stimulation)



1.guru membuka pembelajaran dengan meminta berdoa,menyanyikan lagu Indonesia Raya,kemudian menyapa dan menanya keadaan siswa.
2. Guru membeikan infomasi tentang tujuan pembelajaran,srategi,serta cara peniaiankompetensi yang dipelajari.
3. Sebagai apersepai untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis siswa diajak memecahkan masalah pembelajaran yang akan dibahas.
Siswa yang ditunjuk langsung memimpin doa dan bersama – sama berdoa.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Siswa memperhatikan penjelasanguru



Siswa diajak memecahkan masalah
30 menit
Inti





Pernyataan /identifikasi masalah (problrm statement

Pengumpulan data(data Collection)








Pembuktian (verification)






Menarik kesimpulan (generalization)
.   Guru membagi siswa dalam 5 kelompok dan mempunyai kemampuan yang berbeda.
.   Guru Memberikan Materi Diskusi


.   Selama diskusi guru mendorong siswa untuk terlibat diskusi,mengarahkan bila ada siswa yang melenceng jauh dari pekerjaanya.
.   Guru meminta hasil diskusi dipresentasikan.
.   Guru mengumpulkan semua hasil diskusi
.   Dengan Tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran dan menjawab evaluasi hasil diskusi.

Siswa bergabung dengan kelompoknya masing-masing.



Siswa mendiskusikan materi Yang telah ditentukan .

Siswa mendiskusikan dengan Tanya jawab didalam kelompok







Siswa mempresentasikan hasil diskusi



Siswa didampingi guru menyimpulkan hasil diskusi
170 Menit
Penutup
.       Siswa diminta memberikan kesimpulan hasil Pembelajaran

.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi informasi tentang topic pada pertemuan berikutnya.
Siswa memberikan kesimpulan




25 menit

Alat / Bahan Media Pembelajaran
v  LCD Proyektor,internet
v  Jenis alat ukur mekanik dan elektrik

Sumber Belajar
§  Sasongko.2013.Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif.Jakarta.Kemendikbud.
§  Buku refernsi ,Modul dan artikel yang terkait dari Internet.

Penilaian Pembelajaran
Teknik Penilaian : Pengamatan/observasi,test tertulis,penialian unjuk kerja,portopolio

Prosedur Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
1
Soal pilihan ganda / essay
Tes tertulis
Tugas,test tertulis ,test lisan
2
Mengamati siswa prakteik dan melihat hasil kerja
Observasi,unjuk kerja Psikomotorik
Lembar kerja Penilaian Praktik,proyek ,portopolio



Purworejo,  Juli 2017
Mengetahui                                                                                          Guru Mapel
Kepala Sekolah                                                                                                                



Dra.Tri Nurwati,M.M                                                                             Sri Agung GB,S.Pd.
NIP.19590423 198603 2 006

Demikian RPP PDO kelas X TOKR Teknik Otomotif  pada kendaraan ringan yang berisi mulai dari KI/KD sampai dengan Prosedur Penilaian .
RPP ini dibuat dan dapat di edit dan di perbaiki ,jika mengalami kesalahan dalam pembuatan.

Semoga bermanfaat.