script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab Baterai tidak mengisi / kehilangan muatan ketika motor starter di start

3 Penyebab Baterai tidak mengisi / kehilangan muatan ketika motor starter di start

3 Penyebab baterai tidak mengisi / kehilangan muatan ketika motor starter di start.
Pada waktu mesin pertama kali di start sering terjadi motor starter tidak dapat bekerja dengan baik akibat motor Baterai tidak mengisi atau kehilangan muatan,ada beberapa penyebab yang harus di perbaiki atau diganti jika mengalami kerusakan sehingga baterai mengisi kembali dan tidak kehilangan muatan.

➨ Secara umum terdapat 3 penyebab yang mengakibatkan baterai tidak mengisi atau kehilangan muatan antara lain :

1. Tali kipas kendor atau longgar

Mengapa tali kipas kendor dapat mengakibatkan baterai kehilangan muatan? karena dengan tali kipas alternator dapat bekerja dengan baik,jika tali kipas kendor tidak dapat memutarkan rotor dengan baik sehingga kerja alternator tidak sempurna.

2. Regulator mengalami kerusakan
3 penyebab baterai tidak mengisi/kehilangan muatan ketika motor starter di start


Fungsi dari regulator adalah untuk menstabilkan tegangan agar tetap konstan pada voltage regulator dan untuk mematikan lampu tanda pengisian jika sudah mengisi lampu akan mati dengan adanya
voltage relay pada regulator.


3. Alternator mengalami kerusakan

Jika terjadi kerusakan pada alternator maka juga dapat mengakibatkan baterai tidak mengisi,karena pada out put alternator memberi suplai atau mengisi baterai kembali dari AC atau Bolak -balik pada rotor di ubah atau disearahkan dioda menjadi DC atau searah untuk memuati baterai kembali pada saat mesin hidup.

➥ Pemeriksaan dan Perbaikan

  • Pemeriksaan dan perbaikan tali kipas.
Periksa tali kipas jika kendor kencangkan sesuai dengan spesifikasi pengencangan,lihat standar pengencangan tali kipas pada buku manual servis kendaraan tersebut.dan jika berubah bentuk atau terlalu dalam kedudukanya ganti dengan tali kipas yang baru.

  • Pemeriksaan dan perbaikan pada regulator.

Periksa regulator pada masing-masing terminal regulator dan lihat standar pada buku manual servis kendaraan,jika tidak sesuai dengan spesifikasi ganti dengan regulator yang baru.

  • Pemeriksaan dan perbaikan  Alternator.

Periksa satu persatu alternator mulai dari hubung putus,hubung masa kumparan stator dan rotor,periksa dioda,panjang sikat dan komponen-komponenya,jika mengalami kerusakan ganti dengan yang baru.

Demikian cara menemukan 3 penyebab baterai tidak mengisi atau kehilangan muatan saat di start mulai dari tali kipas yang kendor,regulator mengalami kerusakan dan alternator mengalami kerusakan sehingga dapat menemukan gangguan dengan cepat untuk melakukan perbaikan

Posting Komentar untuk "3 Penyebab Baterai tidak mengisi / kehilangan muatan ketika motor starter di start"