script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab dan solusi mesin tidak hidup saat di starter

3 Penyebab dan solusi mesin bensin tidak hidup saat di starter.
Pada mesin kendaraan yang mengalami kondisi tidak hidup saat mesin berputar, secara garis besar di bagi menjadi 3 penyebab,dan dari penyebab tersebut dapat di lakukan pemeriksaan dengan mudah dan cepat untuk menganalisanya dan menentukan penyetelan dan perbaikan.

3 penyebab dan solusi mesin tidak hidup saat di starter


⇒ Secara garis besar penyebab mesin tidak hidup saat di starter adalah:


1. Penyebab pada sistem pengapian untuk mesin bensin.

3 penyebab mesin tidak hidup saat di starter



→mengapa sistem pengapian dapat menyebabkan mesin tidak hidup dikarenakan tidak adanya letikan bunga api dari busi,dan untuk menentukan perbaikan test busi dekatkan dengan body atau massa dan jika tidak ada letikan atau lemah maka harus dilakukan pemeriksaan pada sistem pengapian.
  • Komponen sistem pengapian antara lain
Baterai,kunci kontak,koil kabel-kabel,tegangan tinggi,kabel busi dan busi (konvensional ) dan sensor -sensor,distributor,kabel yang berhubungan dengan sistem pengapian mesin ( kendaraan EFI)
  • Solusi dan Cara pemeriksaan dan perbaikan.
Cek komponen sistem pengapian satu persatu mulai dari baterai sampai ke busi dan jika terdapat komponen yang sudah tidak sesuai dengan spesifikasi standar ganti dengan yang baru.


2. Penyebab pada sistem bahan bakar.
3 penyebab dan solusi mesin tidak hidup saat di starter


→Mengapa sistem bahan bakar dapat menjadi penyebab karena suplai sistem bahan bakar tidak baik dan membuat suplai campuran bahan bakar dan udara tidak dapat menuju ruang bakar dengan sempurna menyebabkan mesin tidak hidup.
  • Komponen sistem bahan bakar mesin bensin
Tangki bahan bakar,saringan bahan bakar,pompa bahan bakar,karburator(konvensional)
Tangki bahan bakar,pompa bensin,saringan bensin,pipa pembagi dan injektor ( sistem EFI )
  • Solusi dan Cara perbaikan sistem bahan bakar bensin
cek atau test komponen satu persatu pada sistem bahan bakar dan jika mengalami kerusakan lakukan penggantian komponen.


3. Kompresi rendah


3 cara penyebab dan solusi mesin tidak hidup saat start

Tekanan kompresi yang rendah juga dapat menyebabkan mesin motor tidak hidup saat di start,
⇀ Mengapa tekanan kompresi rendah dapat mengakibatkan mesin atau motor tidak hidup? karena dengan tekanan kompresi yang rendah tidak menimbulkan tekanan yang kuat pada saat langkah kompresi.

Contoh tes kompresi yang sederhana dengan membuka busi kemudian di start,dan tutup dengan tangan lubang busi jika ada tekanan kuat maka kompresi dimungkinkanmasih baik.
Namun untuk mengukur kompresi yang benar dengan menggunakan alat compression tester sehingga hasil kompresi dapat di ketahui dengan akurat dan dengan melihat spesifikasi pada buku manual servis kendaraan atau job sheet
.
→Solusi dan Cara perbaikan dan Penyebab kompresi rendah karena adanya kerusakan pada komponen mesin seperti silinder, torak,ring dan komponen.dan juga dapat dikarenakan adanya kebocoran sehingga mengakibatkan kompresi rendah.

Baca juga :
Demikian cara mencari penyebab dan solusi mesin tidak hidup saat di starter dengan melalui tes pada sistem pengapian,sistem bahan bakar dan kompresi,karena  faktor tersebut dapat mengakibatkan mesin tidak dapat hidup.sehingga memudahkan kita mencari gangguan pada mesin kendaraan yang tidak hidup menjadi lebih mudah.





Posting Komentar untuk "3 Penyebab dan solusi mesin tidak hidup saat di starter"