script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar kemungkinan penyebab sulitnya mesin Diesel hidup

daftar kemungkinan penyebab sulitnya mesin diesel hidup

Daftar kemungkinan penyebab sulitnya  mesin Diesel hidup.
Pada waktu start mesin deisel berputar dan poros engkol berputar,tetapi mesin diesel sulit atau susah dihidupkan,hal ini dapat di ketahui dengan beberapa kemungkinan penyebab yang terjadi sehingga mesin diesel dapat di hidupkan kembali.

Perlu di ketahui bahwa mesin diesel berbeda dengan mesin bensin,jika mesin bensin menggunakan sistem pengapian sedangkan mesin diesel udara murni yang di kompresikan dengan temperatur tekanan tinggi dan di semprotkan bahan bakar solar sehingga terjadi pembakaran.

Terdapat beberapa daaftar kemungkinan mesin diesel sulit hidup antara lain :

tangki bahan bakar kosong
Tidak adanya bahan bakar menyebabkan kendaaraan diesel susah di hidupkan,untuk itu lakukan pengisian bahan bakar solar pada tangki bahan bakar.
daftar kemungkinan penyebab sulitnya mesin diesel hidup

Terdapat gelembung udara dalam saluran sistem bahan bakar.
saluran bahan bakar mulai dari pompa pengisi,pipa ,saringan,penyemprot sehingga menghalangi saluran bahan bakar,perbaikanya dengan mengelurkan udara dari sistem penyaluran sistem bahan bakar.

  • dengan cara mengendorkan sekrup pembuang udara di pompa dengan kunci dan obeng,
  • selanjutnya putar batang pompa tangan sehingga terdorong ke atas,
  • selanjutnya tekan batang pompa sampai buih yang terdapat pada saluran bahan bakar keluar 
  • dan kencangkan kembali mur dan baut pembuang udara dengan kunci dan obeng.dan posisikan kembali batang poma seperti semula.

Saringan bahan bakar tersumbat
Jika terjadi saringan bahan bakar tersumbat maka lakukan perbaikan dengan membersikan saringan bahan bakar yang tersumbat dengan cara :

  • membersihkan elemen saringan di celupkan dalam kerosin atau solar 
  • dengan menutup kedua lubang dan menggoyangkan elemen.dan apabila elemen 
  • saringan sudah rusak atau berubah bentuk ganti dengan yang baru.

Pompa pengisi rusak
Ada beberapa tentang pompa pengisi atau pompa tangan jika di gerakkan sulit dapat terjadi karena saringan bahan bakar yang kotor atau rusak,sedangkan jika masih tidak dapat di gerakan karena pompa pengisi yang rusar

Tuas penyetop darurat macet.
pada pompa penyetop dilengkapi dengan tuasuntuk mencegah mesin bekerja terus menerus sehingga perlu diikat supaya mencegah mesin bekerja sendiri.perbaikanya dengan mengikat tuas penyetop dan jika poma rusak lakukan perbaikan.

Demikian daftar kemungkinan penyebab sulitnya mesin diesel sulit hidup karena mulai dari tangki yang kosong tidak adanya bahan bakar,pompa pengisi yang rusak,saringan bahan bakar tersumbat,terdapat gelembung udara dan tuas serta pompa yang rusak.
Semoga bermanfaat.