script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja Fungsi gambar dan komponen gardan

cara kerja fungsi gambar dan komponen gardan

Cara kerja fungsi gambar dan komponen gardan.
Gardan merupakan komponen pada bagian sistem pemindah tenaga,letaknya diantara poros propeller shaft dan poros roda.
Bagian dari casis dan sistem pemindah tenaga pada kendaraan atau mobil terdiri dari kopling, transmisi,poros proprller,gardan poros roda dan roda,merupakan satu kesatuan dari sistem pemindah tenaga atau yang memindahkan tenaga dari mesin menuju ke roda sehingga kendaraan dapat berjalan.

➦Fungsi dan cara kerja gardan
Salah satunya adalah gardan atau differential yang berfungsi untuk merubah momen kecepatan antara roda kiri dan kanan pada saat membelok atau lebih mudahnya untuk mengatur perbedaan putaran roda kiri dan kanan khususnya pada saat membelok pada penggerak roda belakang,dan terdapat juga penggerak roda depan dan penggerak empat roda.

  • Saat kendaraan berjalan lurus beban roda kanan dan kiri sama
  • Saat membelok ke kanan beban roda kanan lebih besar dari roda kiri
  • dansaat membelok kirai kebalikan dari membelok kanan



➨Komponen- komponen gardan atau differential adalah antara lain :
  • Drive pinion

Poros dan Pinion gear atau drive pinion yang berfungsi menerima putaran dari poros proprller dan di teruskan kedalam roda gigi ring gear.

cara kerja fungsi dan komponen gardan


  • ring gear

Roda gigi ring gear berfungsi meneruskan putaran dari pinion gear atau sering di sebut drive pinion dan pada bagian tengahnya terdapat rumah differential atau rumah gardan yang terdapat dua pasang roda gigi untuk meneruskan ke poros roda dan menuju ke roda.
cara kerja fungsi dan komponen gardan


  • Rumah gardan dan roda gigi

Differential housing /Rumah roda differensial atau rumah gardan yang didalamya terdapat sepasanng roda gigi pinion atau plnetary gear kecil dan sepasang roda gigi side gear atau roda gigi samping dan roda gigi side gear meneruskan putaran menuju ke poros roda dan mengakibatkan roda dapat berputar untuk menggerakkan mobil atau kendaraan.
cara kerja fungsi dan komponen gardan

  • Bearing

Bearing atau bantalan berfungsi untuk sebagai pemegang dan pengunci pada samping roda gigi  side gear sebelum menuju ke poros roda.

Demikian cara kerja,fungsi gambar dan komponen gardan pada sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk mentransfer putaran dari poros propeller shaft dan untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan serta merubah momen pada saat kendaraan berjalan lurus maupun berbelok.dan komponenya mulai dari drive pinion sampai roda gigi side gear pada rumah gardan.
Semoga bermanfaat