script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Identifikasi komponen dan cara kerja Transmisi manual 4 kecepatan

identifikasi komponen dan cara kerja transmisi manual 4 kecepatan

Identifikasi komponen dan cara kerja transmisi manual 4 kecepatan.

➦ Komponen dan fungsi transmisi manual 4 kecepatan terdiri dari :
  • Poros input dan roda gigi input,yang berhubungan dengan kopling dan fly wheel
  • Poros dan roda gigi counter untuk mentransfer dari poros input ke poros out put.
  • Poros dan roda gigi out put berfungsi untuk meneruskan putaran dari poros counter melalui roda gigi ke roda gigi poros out put untuk memindahkan kecepatan gigi 1,2,3,4 pada transmisi manual 4 kecepatan.
  • Potos dan roda gigi R atau mundur berfungsi untuk merubah arah mundur pada kendaraan melalui transmisi.
  • Terdapat unit synchromesh untuk menghubungkan atau mentransfer kecepatan gigi transmisi sehingga fungsi dari synchromesh untuk memutus dan menghubungkan putaran dari gigi 1,gigi2,gigi3 dan gigi 4.
  • Melaui garpu pemindah yang berhubungan dengan synchromesh untuk di hubungkan melalui roda gigi transmisi.Roda gigi yang paling besar pada poros out put adalah roda gigi 1dan semakin kedepan semakin kecil seperti roda gigi 2 lebih kecil dari 1 dan seterusnya sampai roda gigi 4 yang paling kecil pada poros out put.

Baca juga :
identifikasi komponen dan cara kerja transmisi 4 speed

Cara kerja transmisi manual 4 kecepatan.

Untuk gigi 1 dan 2 dengan cara memindahkan unit sybchromes 1 kedepan dan kebelakang.

  • Gigi 1 :
Jika synchromesh di geser kebelakang menuju roda gigi 1 atau roda gigi yang paling besar,di mulai dari roda gigi input kecil putaranya cepat di hubungkan dengan roda gigi counter besar putaranya lambat  dan roda gigi counter paling ujung counter kecil putaranya cepat di hubungkan dengan roda gigi poros out put gigi 1 besar sehingga out put putaran gigi 1 lambat.
  • Gigi 2 :
Jika synchromesh di geser kedepan pada syncromesh 1 maka akan terhubung gigi 3 ,karena gigi 3 pada poros out put lebih kecil dari roda gigi 1 maka roda gigi 2 lebih cepat dari roda gigi 1.



Pada synchromesh 2 digeser kebelakang gigi 3 dan di geser ke depan gigi 4
  • Gigi 3 :
Jika synchromesh 2 di geser ke belakang adalah posisi gigi 3 ,mulai dari roda gigi poros input menuju ujung roda gigi counter dan roda synchromesh menuju roda gigi 3.
  • Gigi 4 :
Jika syncrhomes 2 di hubungkan ke depan dengan roda gigi 4 yang roda giginya pada poros out put paling kecil sehingga out put atau keluaran putaran paling cepat di banding roda gigi 1,2 dan 3.
  • Gigi mundur (R) :
 Pada gigi mundurtidak menggunakan unit synchromesh hanya gigi kecil yang di hubungkan dari roda gigi poros counter ke roda gigi 1 dan saling berhubungan  ketiga roda gigi tersebut dan out putnya adalah kebalikan dari gigi 1.



Komponen transmisi manual secara garis besar  mulai dari poros dan roda gigi input,counter dan out out,unit synchromesh dan roda gigi mundur dan cara kerjanya di mulai dari poros input,counter dan diteruskan ke poros roada gigi 1,2,3,4 dan untuk roda gigi mundur out putnya terdapat 3 buah roda gigi yang saling berhubungan sehigga out putnya berbalik arah dengan putaran roda gigi 1.
Semoga bermanfaat





Posting Komentar untuk "Identifikasi komponen dan cara kerja Transmisi manual 4 kecepatan"