script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa mesin hidup terus saat kunci kontak dimatikan(off) ? inilah 5 penyebabnya

Mengapa mesin hidup terus saat kunci kontak dimatikan(off) ? inilah 5 penyebabnya

Mengapa mesin hidup terus saat kinci kontak dimatikan(off) ? inilah penyebabnya.
Saat mesin hidup bekerja dalam perjalanan jauh tiba-tiba mesin menjadi panas dan saat lunci kontak di off kan atau dimatikan mesin asih hidup.padahal harusnya mesin dalam keadaan tidak hidup.

Terdapat beberapa penyebab mesin masih hidup saat kunci kontak dimatikan antara lain :

1. Saat pengapian yang kurang tepat atau terlampu pagi (pada mesin bensin konvensional)

Pada saat pengapian kurang tepat sering menimbulkan gangguan khususnya pada mesin bensin konvensional yang masih sering memerlukan pereatan dan penyetelan,hal ini dapat membuat temperatur pada busi tinggi.hal ini juga dapat menjadi penyebab mesin masih hidup saat kunci kontak dalam keadaan off atau dimatikan.

2. Putaran tanpa beban tinggi.

Putaran tanpa beban yang terlalu tinggi berarti ada gangguan pada sistem bahan bakar,karena adanya penyetelan yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan spesifikasi sehingga dapat memicu mesin untuk hidup terus terutama saat kunci kontak dimatikan.

3. Adanya kerak karbon yang terlalu banyak pada ruang bakar

Jika sistem pengapian dan sistem bahan bakar tidak terjadi masalah pada saat pengapian dan putaran tanpa beban tinggi maka di mungkinkan terdapat banyak kerak karbon yang terdapat pada ruang bakar,sehingga kondisi mesin masih menyala terus saat kunci kontak di matikan (off).

4. Mesin terlalu panas.

Mesin terlalu panas juga dapat menjadikan mesin hidup terus saat kunci kontak off,seperti terjadinya gangguan dan penyebab pada sistem pendingin,seperti berkurangnya air pada radiator,terjadinya selang yang terpuntir,katup termostat rusak,dan terdapat kotoran pada sirip-sirip pendingin radiator.

5. Adanya gangguan atau kerusakan pada kunci kontak.

Mengapa demikian karena jika kunci kontak mengalami kerusakan terutama saat posisi off tidak dapat di gunakan maka jelaslah bahwa mesin hidup terus dan tidak dapat dimatikan terutama pada mesin yang masih hidup.
Mengapa mesin hidup terus saat kunci kontak dimatikan(off) inilah 5 penyebabnya


Solusi dan perbaikanya :

  • Periksa dan lakukan pergantian komponen sistem pengapian mulai dari baterai sampai busi,
  • Periksa sistem bahan bakar dan lakukan penggantian komponen jika ada komponen yang mengalami kerusakan,
  • Berikan pelarut kerak karbon dan masukkan dalam sistem bahan bakar jika konvensional masukan melalui karburator dan lakukan 
  • Overhoul atau buka kepala silinder jika terdapat kerak karbon pada bagisn ruang bakar yang masih sulit di hilangkan,
  • Lakukan pengetesan kunci kontak dan pemeriksaan jika kunci kontak mengalami gangguan ganti dengan yang baru.


Dengan melakukan pemeriksaan pada ke 5 sistem dan komponen diatas di harapkan dapat menemukan penyebab mengapa mesin hidup saat kunci kontak di matikan (off) sehingga dapat dilakukan perbaikan dengan cepat dan mudah.
Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Mengapa mesin hidup terus saat kunci kontak dimatikan(off) ? inilah 5 penyebabnya"