script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melepas piston silinder roda pada rem tromol

cara melepas piston silinder roda pada rem tromol

Silinder roda pada sistem rem hidrolik kendaraan khususnya mobil adalah merupakan komponen untuk meneruskan tekanan hidrolik dari master silinder melalui pipa-pipa rem untuk mendorong sepatu rem menghentikan tromol yang berputar mengikuti putaran roda.

Bagian-bagian silinder roda terdiri dari piston,seal,penyetel ,karet penutup debu yang di gunakan untuk silinder roda pada rem two leading yang menggunakan 2 piston dalam 1 silinder roda dan jenis silinder roda ini kebanyakan di gunakan pada rem tromol bagian depan.

Selanjutnya untuk silinder roda bagian belakang terdiri dari belakang terdiri dari penutup debu piston seal dan pedas menggunakan 2 piston dalam 1 silinder roda dan hal ini berbeda dengan menggunakan silinder roda bagian depan terutama yang menggunakan rem tromol untuk roda depan,dan ada juga yang menggunakan rem tromol hanya untuk roda belakang saja dan untuk roda depan menggunakan rem cakram.
cara melepas piston silinder roda pada rem tromol
Silinder roda merupakan komponen yang sangat penting disamping master silinder pada sistem rem hidrolik terutama pada mobil yang menggunakan rem tromol,karena jika mengalami kerusakan seperti berkarat akan mengakibatkan piston macet pada silinder roda.

➥Cara melepas piston silinder roda adalah sebagai berikut :

  • Untuk melepas piston dalam silinder roda dapat menggunakan beberapa cara seperti menggunakan udara tekan dari kompresor tetapi harus membersihkan dahulu semua minyak rem yang terdapat pada silinder roda dengan majun atau lap karena minyak rem dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Setelah itu siapkan kompresor dan maju atau lap.
  • Kemudian lepas baut bleeding atau baut pembuang udara jika lubang pada silinder roda hanya satu.
  • Selanjutnya masukan pada lubang denganudara tekan dari kompressor.
Demikian cara mudah melepas piston pada silinder roda sistem rem tromol dengan menggunakan udara tekan yang dilakukan untuk memeriksa apakah terjadi karat pada silinder roda dan seal,pegas atau perubahan bentuk jika mengalami kerusakan ganti dengan yang baru.
Semoga bermanfaat.