script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen dan Jenis sistem penggerak roda kendaraan

Pada kendaraan mobil terdapat sistem penggerak kendaraan yang berfungsi untuk menggerakkan roda kendaraan saat kendaraan berjalan,Sistem penggerak kendaraan atau sering juga di sebut sistem pemindah tenaga.
komponen dn jenis sistem penggerak roda kendaraan


Untuk lebih mudah mempelajari Sistem penggerak kendaraan terbagi menjadi beberapa macam tergantung dari jenis dan tipe kendaraan tertentu antara lain adalah :
  • Mesin di depan menggerakkan roda belakang/Front engine rear drive (FR)
Pada tipe ini mesin kendaraan berada di depan dan menggerakkan roda belakang dengan komponenya mulai dar opling,transmisi,poros propeller,gardan dan poros axle ,roda.di gunakan pada kendaraan baik pribadi maupun kendaraan angkutan.
komponen dan jenis sistem penggerak roda kendaraan

  • Mesin di depan menggerakkan roda depan/front engine front drive (FF)
Pada tipe ini dengan mesin didepan menggerakan roda depan komponenya mulai dari kopling transmisi,gardan poros axel depan dan roda,banyak di gunakan pada kendaraan pribadi.
  • Mesin di belakang menggerakkan roda belakang/rear engine rear drive (RR)
Berbeda dengan jenis penggerak yang lain tipe ini dengan mesin di belakang dengan dengan komponen kopling,transmisi,gardan poros roda dan roda.banyak di gunakan pada kendaraan pribadi seperti jaman dahulu dan kendaraan lain.

  • Mesin di belakang hanya sedikit di depan penggerak roda belakang(MR)

Pada kendaraan tipe ini menggunakan penggerak roda belakangdengan sedikit mesin didepanpenggerak roda belakang dan secara garis besar hampir sama dengan mesin belakang penggerak roda belakang.
  • Mesin di depan penggerak roda depan dan belakang/front engine wheel drive (FWD/4 WD)
Tipe ini banyak  di gunakan pada kendaraan untuk offroad seperti yang penggeraknya menggunakan 4 penggerak roda dengan masing masing roda bergerak semua dan sering di sebut juga menggunakan double gardan atau menggunakan 2 gardan depan dan belakang.

Komponen sistem penggerak dengan berbagai macam penggerak mulai dari mesin di depan dan mesin di belakang serta menggerakkan ada yang dari roda depan dan menggerakan dari roda belakang kendaraan.
Semoga bermanfaat.