script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen propeller shaft penggerak roda belakang

Komponen propeller shaft penggerak roda belakang.
Propeller shaft atau poros propeller merupakan salah satu komponen sistem pemindah tenaga pada kendaraan khususnya mobil,yan komponenya berupa sebuah poros yang berputar di sambungkan dengan universal joint ,Sistem pemindah tenaga sendiri terdiri dari:

  •  Kopling untukmemutus dan menghubungkan putaran mesin,Transmisi untuk merubah momen kecepatan kendaraan,
  • Propeller shaft untuk meneruskan output dari transmisi menuju ke
  • gardan atau differensial yang berfungsi untuk membedakan putaran roda kanan dan kiri pada saat berjalan lurus dan membelok,dan poros axel atau poros roda belakang untuk penggerak roda belakang menuju ke roda.


komponen propeller shaft penggerak roda belakang

Propeller shaft sendiri terdapat beberapa macam tergantung dari jenis penggerak roda depan atau pun penggerak roda belakang,pada kali ini kita akan membahas propeller shaft penggerak roda belakang yang terdiri dari sebuah pipa panjang dan menggunakan universal joint untuk menyambungkan poros yang di desain tahan perhadap momen puntir pada putaran karena poros propeller sendiri merupakan komponen yang berputar mengikuti putaran out put dari Transmisi.

komponen propeller shaft penggerak roda belakang dan komponenya
  • Komponen Propeller shaft terdiri dari:
Sebuah poros atau sering di sebut poros propeller dan disambungkan dengan universal joint untuk meneruskan putaran pada sudut yang bervariasi pada batas tertentu atau sesuai dengan kondisi kendaraan saat berjalan.
komponen propeller shaft roda belakang


Demikian tentang komponen-komponen Propeller shaft yang terdiri dari poros,universal joint dan penghubung geser dimana pada bagian depan di hubungkan dengan bagian belakang atau out put transmisi,bagian tengah di hubungkan dengan sambungan universal joint dan bagian belakang di hubungkan dengan gardan atau differensial.
Semoga bermanfaat.