script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas

5 teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas

Teknik daam mengumpulkan data yang digunakan pada penelitian tindakan kelas dapat dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yang sering sekali di gunakan untuk meneliti oleh para guru dalam penelitian tindakan kelas.

Teknik yang di gunakan untuk pengumpulan data antara lain :

1. Observasi
Observasi yang digunakan dalam teknik pengumpulan data sering disebut dengan kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam hal ini oleh para guru dalam menelit tindakan kelas,dengan cara mengamati dan mencatat mengenai kemajuan pembelajaran dan dilakukan menggunakan lembar observasi.

2. Metode wawancara
Wawancara dilakukan oleh peneliti terhadap siswa yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas dan disusun berdasarkan panduan wawancara yang telah disusun.

3. Metode dokumentasi
Dokumentasi adalah kegiatan mengambil foto terhadap obyek yang diteliti dalam hal ini adalah siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran untuk dokumen dalam penelitian tindakan kelas.

4. Angket
Metode dengan angket di sebarkan pada siswa yang teliti dan diisi oleh siswa itu sendiri dengan menggunakan lembar angket sesuai dengan judul dalam penelitian tindakan kelas.

5. Tes
Membuat soal tes yang digunakan untuk meneliti dan mengukur dengan soal tes yang di buat untuk dikerjakan oleh siswa secara individu.

Dengan teknik pengumpulan data ada 5 mulai dari observasi atau pengamatan,metode wawancara,dokumentasi,angket dan tes adalah bentuk dari teknik dalam pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas

Posting Komentar untuk "5 Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas"