script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Literasi informasi dalam pembelajaran SMK

literasi informasi dalam pembelajaran smk

Literasi informasi merupakan bagian penting dalam pembelajaran khususnya SMK,literasi sendiri secara umum dapat di artikan sebuah gerakan membaca dan menulis yang ada di sekolah sering di sebut dengan GLS(Gerakan Literasi Sekolah).

Seperti di ketahui macam komponen literasi sendiri terdapat beberapa macam antara lain

Literasi Perpustakaan
adalah sebuah kemampuan atau gerakan membaca,mendengar berbicara lisan dapat juga melalui sebuah bacaan atau gambar.

Literasi Teknologi
Merupakan bentuk literasi untuk mengetahui bagaimana bentuk media cetak maupun media elektronik.

Gerakan literasi di sekolah seperti membaca selama 15 menit (Permendikbud 23/2015)dan tahap pengembanganya dapat dilakukan dengan gerakan membaca,adanya bahan bacaan yang di pajang sehingga semua warga sekolah dapat membaca.

Disamping itu juga adanya pembimbingan penggunaan komputer dan penggunaan internet dan mengupayakan untuk mengadakan pembimbingan bahan literasi digital seperti pemberdayaan Email dan Blog bagi warga sekolah.

Pemberdayaan email dan blog bagi warga sekolah dapat dilakukan dengan cara memberdayakan guru dan peserta didik melalui tugas email dalam materi ajar,membiasakan guru SMK menyajikan materi pelajaran menggunakan blog dan membiasakan guru SMK membuat tagihan tugas.

Dan untuk pelaksanaan gerakan literasi seperti diatas sekolah menyediakan berbagai keperluan untuk kegiatan literasi bagi warga sekolah seperti penyedian bukuelektronik sabake-sabak digital seperti tablet dan komputer untuk melaksanakan gerakan literasi bagi warga sekolah.

Jika melihat contoh gerakan literasi sekolah diatas betapa pentingya kita sebagai warga sekolah untuk melaksanakan gerakan literasi bagi semua warga sekolah seperti guru dan peserta didik mempunyai email dan blog untuk pembelajaran sekolah khususnya SMK.


Posting Komentar untuk "Literasi informasi dalam pembelajaran SMK"