script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

membuat suasana nyaman dan kondusif dalam belajar dan pembelajaran

membuat suasana nyaman dan kondusif dalam belajar dan pembelajaran

Membuat susana yang nyaman serta kondusif khususnya dalam belajar dan pembelajaran baik belajar disekolah,kampus,lembaga dan instasi lain sangat penting adalah faktor kenyamanan dan kondusif sama juga jika anda bekerja anda tidak nyaman juga akan mempengaruhi pekerjaan anda.

Mengingat betapa pentingnya suasana yang nyaman dan kondufsif dalam belajar dan pembelajaran misalnya di sekolah hendaknya semua warga sekolah berusaha menciptakan dan menjaga suasana yang nyaman dan kondusif agar siswa atau peserta didik dapat belajar lebih baik.

Sebetulnya apa yang tidak nyaman dalam proses belajar dan mengajar bagi guru dan siswa?tentunya jika kita kupas lebih dalambanyak dan faktor yang mempengaruhi kinerja dalam proses pembelajaran dan belajar yang tentunya harus disikapi dengan baik dan positif.

Hal dibawah ini juga dapat mempengaruhi kenyamanan dalam belajar mengajar,


  • kurangnya kebersihan lingkungan sekolah
Faktor kebersihan paling utama untuk kenyamanan dalam belajar coba jika nayak sampah berserakan di dalam kelas didalam laci dan kurangnya pelaku disekolah untuk berusaha menciptakan kebersihan pada setiap kelas dan ruang.sebagai contoh jika anda pernagh membaca sekolah di Jepang kebersihan nomer satu sebelum mulai belajar dan pembelajaran.
  • jarak ruang praktik atau lab berdekatan dengan ruang kelas.
Jarak ruangteori dan praktik berdekatan tentunya hal ini akan mengganggu siswa yang berada di ruang kelas karena terdengar bunyi yang keras dari ruang praktik siswa dan kebisingan yang mengganggu suasana belajar kelas yang lain,seperti suara kompresor tentunya hal ini mengganggu kelas lain yang tidak praktik. 
  • tidak adanya bacaan dan aksesoris di rung kelas
Jarangnya ada bacaan dan aksesoris penghias kelas juga mempengaruhi kenyamanan dan hal juga kurang menarik untuk siswa setiap memasuki ruang kelas dengan hiasan menarik dapat menggugah selera siswa untuk betah dikelas sebelum pelajaran usai.
  • kurangnya tamanisasi dalam kelas
Tamanisasi pada setiap kelas kelas penting karena untuk melihat suasana nyamandengan taman yang indah dan pepohonan yang sejuk halini tentunya juga untuk merefresh pandangan para siswa dan pelaku dunia pendidikan lain.
  • tidak terpasang penyejuk ? AC dalam ruang kelas
Suasana panas atau kurang nyaman juga mempengaruhi kenyamanan serta kondusif dalam belajar solusinya mungkin di pasang penyejuk udara?AC atau di pasang sebuah kipas yang besar yang dapat membuat suasana kelas nyaman dan kondusif dan jika suasana panas tetap terjaga dan nyaman.
  • Faktor dari guru dan karyawan
Faktor SDM juga penting jika terjadi konflik internal gara-gara hal perbedaan pendapat dan yang lain terjadi pada guru dan karyawan juga mempengaruhi suasan kerja khususnya bagi para guru  yang selalu menjadi aktor didepan kelas sehingga kurang nyaman dengan situasi yang membuat mereka juga kurang nyaman dan kondusif.
  • Faktor siswa sendiri
Faktor dari siswa sendiri juga dapat terjadi misalnya di rumah dengan latar belakang berbeda contoh ada siswa yang suasana di rumah kurang nyaman dan terbawa ke sekolah,dan juga faktor keluarga dirumah yang terjadi konflik atau broken home dan masalah yang lain yang membebani siswa tidak nyaman dengan suasana di rumah dan disekolah.

Dalam membuat suasana belajar yang nyaman serta kodusif seperti kebersihan harus selalu terjaga,jarak ruang kelas dengan ruang praktik berdekatan,kurangnya tamanisasi,jika suasana cuaca panas tidak adanya penyejuk udara ,faktor dari guru dan karyawan di sekolah dan faktor siswa atau  pesrta didik sendiri,Tentunya hal ini di identifikasi dan dilakukan evaluasi untuk menemukan solusi terbaik agar proses belajar pembelajaran menjadi nyaman dan kondusif.

Posting Komentar untuk "membuat suasana nyaman dan kondusif dalam belajar dan pembelajaran"