script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Pemeriksaan dan pemeliharaan komponen mesin diesel

4 pemeriksaan dan pemeliharaan komponen mesin diesel

Untuk pemeriksaan dan perbaikan pada mesin atau kendaraan diesel berbeda dengan mesin bensin dan ini dapat dilihat dari komponen-komponenya yang berbeda antara mesin bensin dengan mesin diesel jika diesel yang dikompresi udara murni,sedangkan bensin yang dikompresi campuran bahan bakar dengan udara.

Untuk memeriksa dan melakukan perbaikan supaya tidak mengalami kesalahan dapat melakukan pemeriksaan pendahuluan untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya dan melakukan perbaikan seperti memeriksa bagian Baterai karena baterai juga sebagai sumber arus kelistrikan pada komponen mesin.

➦Berikut beberapa pemeriksaan dan perbaikan secara umum pada komponen mesin diesel:

  • 1. memeriksa glow plug
Glow plug merupkan sebuah busi pemanas untuk memanaskan suhu ruang bakar pada awal mula menghidupkan mesin diesel dengan cara memutar kunci kontak pada posisi GLOW atau dengan saklar tersendiri,jika lampu kontrol lebih lambat kemungkinan salah satu busi pijar mati,perbaiki rangkaian kelistrikanya dan test busi pijar satu persatu.
  • 2. memeriksa sistem bahan bakar
Selanjutnya memeriksa sistem bahan bakar,mulai dari tangki bahan bakar,pemisah air atau sedimenter pompa bahan bakar,pompa injeksi sampai dengan melakukan test pada injektor.Buka dam periksa satu persatu komponen tersebut apakah masih berfungsi dengan baik.
  • 3. memeriksa governor
memeriksa gorvenor dengan melakukan pembersihan pada pompa injeksi,melepas flywheel merakit kembali dan melakukan pengetesan pada gorvernor yang dapat dilakukan dengan membongkar memeriksa dan merakit kembali.Sampai dengan penyetelan putaran maksimum.
  • 4.memeriksa gas buang

Gas buang juga sangat penting karena jika salah penyetelan gas buang akan berwarna pekat terutama pada mesin diesel yang menimbulkan polusi udara,jika terjadi warna abnormal seperti gas buang berwarna hitam dapat terjadi karena saringan kotor,nosel aatau penyemprto mengalami kerusakan dan penyemprotan yang kurang tepat atau terlambat.
Jika gas buang berwarna putih yang umum terjadi adalah tekanan kompresi rendah,suhu mesin rendah saat penyemprotan terlalu awal,dan jika gas buang berwarna biru oli ikut terbakar pada sil katup atau ring piston mengalami kerusakan.

Dengan 4 cara pemeriksaan dan melakukan pemeliharaan pada mesin diesel mmulai dari pemeriksaan pendahuluan,glow plug atau busi pemanas,sistem bahan bakar,gorvernor dan melakukan pemeriksaan pada gasbuang kendaraan yang berwarna abnormal seperti berwarna hitam,putih dan biru.

Posting Komentar untuk "4 Pemeriksaan dan pemeliharaan komponen mesin diesel"