script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya penggunaan media pembelajaran berbasis IT dalam setiap pelajaran

pentingnya penggunaan media pembelajaran berbasis it dalam setiap pelajaran

Penggunaan media pembelajaran berbasis IT (Infomation & Tecnology) di era sekarang atau revolusi industri dan penggunaan IT yang tumbuh semakin pesat sangatlah penting menerapkan media berbasis IT pada setiap mata pelajaran di sekolah pada semua pelajaran sehingga dapat mempersiapkan siswa dan membekali siswa dengan menyesuaikan kondisi kemajuan jaman yang semakin pesat.

Hal ini di dasari dari berbagai pengamatan dan pengalaman dilapangan bahwa jika anda seorang guru perlu membekali juga kepada siswa kita bagaimana pengetahuan yang hanya pada basic keilmuan yang di pelajari semata akan tetapi juga pengetahuan dan ketrampilan di luar akademik yang juga banyak dibutuhkan baik di dunia pekerjaan atau berwirausaha dan dalam kehidupan selanjutnya.

Jika pada sebelum tahun 90an dan masa sekarang ini tentunya sudah banyak perbedaan terutama bagi dunia pendidikan yang sudah mulai berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi sehingga menuntut pelaku dunia pendidikan seperti guru dan tenaga kependidikan juga wajib menyesuaikan diri dengan era kemajuan seperti sekarang ini.

Mengapa penggunaan media pembelajaran berbasis IT sangat penting di era sekarang ? Tentunya jika anda melihat informasi dan teknologi anda perlu juga misalnya sebagai pelaku pendidikan untuk senantiasa belajar menyesuaikan dengan kemajuan informasi dan teknologi atai IT karena di dunia kerja seperti sekarang ini juga disamping kemampuan yang sesuai dengan kemampuan akademik juga banyak dibutuhkan kemampuan diluar akademik yang juga penting dalam dunia kerja.

Sebagai contoh anda lulusan Otomotif dan bekerja di dunia otomotif itu adalah sesuai dengan disiplin ilmu atau sesuai dengan kemampuan akademik,Namun jika anda ditempatkan pada bagian pemasaran misalnya tentunya anda harus punya juga keahlian lain diluar akademik misalnya yang berhubungan dengan IT.

Dan hal ini pada masa sekarang juga dialami oleh guru misalkan saja anda seorang guru dan tenaga kependidikan coba anda tanyakan pada diri sendiri atau melihat pada pekerjaan anda tentunya tugas mengajar sesuai dengan kemampuan akademik namun hal diluar kemampuan akademik juga banyak dibutuhkan misalnya saja menciptakan atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan era sekarang ini,dan pastinya berkaitan dengan IT sangatlah penting untuk senantiasa digunakan.

Mengapa demikian ? mungkin ada beberapa alasan mengapa penggunaan media khususnya untuk pembelajaran berbasis IT dalam setiap mata pelajaran adalah sebagai berikut :

  • Era atau jamanya sudah berbeda dengan jaman dulu
Tentunya kita semua tahu sekarang era atau jamanya sudah berubah artinya tidak lagi seperti jaman dahulu kala yang menggunakan media tidak berbasis IT,tentunya hal ini harus disikapi dengan bijak kemajuan IT tidak dapat terbendung lagi dan sudah selayaknya anda menuju ke arah sana dengan mantap,dan jika dirasa kurang hendaknya selalu belajar tentang pengembangan media,model pembelajaran berbasis IT dengan mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi.
  • penting membekali siswa diluar kemampuan akademik mereka.
Jika menggunakan media pembelajaran berbasis IT tentunya secara langsung dan tidak langsung jika anda pelaku dunia pendidikan baik guru dan tenaga kependidikan secara otomatis melibatkan siswa untuk menggunakan media mempelajari media dan model berbasis IT serta meningkatkan penggunaan IT yang menambah wawasan dan pengetahuan diluar kademik mereka yang dapat berguna kelak kemudian hari.
  • Rata-rata setiap pekerjaan selalu membutuhkan kemampuan diluar akadimik.
Dari beberapa pernyataan diatas dijelaskan bahwa rata-rata setiap pekerjaan selalu menyertakan kemampuan yang bukan dari kemampuan akademik kita artinya kemampuan diluar akademik juga sangatlah dibutuhkan dalam setiap pekerjaan atau sebagai pendukung setiap pekerjaan anda dan hal ini juga kelak akan dialami oleh para siswa setelah menempuh belajar dan terjun kedunia selanjutnya yang selalu tidak lepas dari IT seperti sekarang ini.

Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT pada setiap mata pelajaran  dan hal ini didasari dari beberapa alasan seperti perubahan jaman,pentingnya membekali siswa kemampuan diluar akademik yang kelak sangat dibutuhkan mereka,dan menyikapi rata-rata setiap pekerjaan selalu membutuhkan kemampuan diluar akademik baik sebagai pendukung sebuah pekerjaan kelak kemudian hari.

Posting Komentar untuk "Pentingnya penggunaan media pembelajaran berbasis IT dalam setiap pelajaran"