script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

modul pembelajaran pemeliharaan komponen alternator mobil

modul pembelajaran pemeliharaan komponen alternator mobil merupakan sebuah catatan mengajar atau diktat yang di modifikasi menjadi sebuah modul pembelajaran materi sistem pengisian membahas tentang komponen alternator,regulator,rangkaian sistem pengisian mobil,cara kerja sistem pengisian mobil,gambar kerja sistem pengisian,komponen sistem pengisian.

modul pembelajaran pemeliharaan komponen alternator mobil

modul pembelajaran tentang alternator mobil dan komponen alternator merupakan materi tentang sistem pengisian mobil konvensional yang dikemas dengan bahasa sederhana dan singkat yang bertujuan untuk memudahkan dalam mempelajari sebuah modul pembelajaran yang dikemas dalam sebuah ebook yang dibuat tampilan agar lebih menarik menimbulkan minat baca bagi pembacanya khususnya para siswa SMK teknik otomotif kendaraan ringan.

materi sistem pengisian pdf dapat di download melalui link dibawah artikel ini yang membahas tentang komponen alternator dan komponen sistem pengisian serta pemeliharaan dan perawatan perbaikan komponen alternator pada sistem pengisian konvensional pada mobil atau kendaraan ringan di jurusan teknik kendaraan ringan otomotif teknik otomotif.

komponen alternator:

berikut komponen alternator mobil dan fungsinya

  1. puli,komponen alteernator yang berfungsi menyambungkan putaran mesin ke alternator atau  untuk meneruskan putaran tenaga dari poros engkol melalui kipas angin
  2. kipas,komponen untuk pendinginnan komponen alternator
  3. bantalan atau bearing untuk mengurangi gesekan antara rumah alternator dan poros rotor
  4. rotor,komponen untuk menghasilkan medan magnet
  5. stator,komponen alternator yang berfungsi membangkitkan tegangan bolak balik ( AC)
  6. sikat,komponen sebagai penghantar harus antar terminal
  7. dudukan sikat,komponen sebagai tempat untuk sikat
  8. dioda,komponen sebagai penyearah atau menyearahkan arus bolak  balik(AC) yang dihasilkan stator menjadi arus searah (DC)atau komponen alternator yang berfungsi menyearahkan arus listrik.
regulator pada sistem pengisian mempunyai fungsi untuk mengatur besar arus listrik ke kumparan rotor dan hal ini akan mengakibatkan tegangan pada alternator menjadi tetap atau konstan ,dan juga regulator berfungsi untuk mengisi baterai.

juga dalam modul pembelajaran komponen alternator mobil menjelaskan rangkaian sistem pengisisan mobil mulai baterai,relay,kunci kontak lampu indikator,sampai dengan komponen alternator dan regulator pada sistem pengisian konvensional yang ada pada mobil.

dan juga membahas cara kerja sistem pengisian mobil mulai dari prinsip regulator sampai dengan cara kerja sistem pengisian  dari kunci kontak on,mesin putaran lambat,mesin putaran sedang sampai mesin putaran tinggi yang ada pada sistem pengisian mobil.

pada modul yang sudah dimodifikasi menjadi sebuah ebook tentang sistem pengisisan dan perawatan komponen alternator juga di lengkapi dengan berbagai gambar sistem pengisian dan gambar komponen alternator,gambar komponen regulator pada sistem pengisisan mobil.

utuk download modul pembelajaran pemeliharaan komponen alternator mobil pada sistem pengisisan yang sudah di desain ulang yang di buat dari catatan mengajar yang tampilanya agar menarik untuk di baca silahkan melalui link download di bawah ini atau dengan memilih buka lewat handphone untuk membaca seperti sebuah buku yang interaktif.




dengan mempelajari modul pembelajaran pemeliharaan komponen alternator mobil pada teknik otomotif kendaraan ringan di harapkan dapat memahami dan menerapkan yang mempelajari mulai dari materi sistem pengisian,rangkaian,cara kerja,dilengkapi dengan gambar komponen sistem pengisian konvensional agar mudah di pelajari dan dibuat lebih singkat,simpel dan menarik.
semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk "modul pembelajaran pemeliharaan komponen alternator mobil"