Demonstrasi Kontekstual! membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)/ Modul Ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.
Demonstrasi Kontekstual! membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Modul Ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:
Langkah-langkah Membuat RPP / Modul Ajar Berdiferensiasi
- Analisis Kebutuhan Belajar Murid
- Identifikasi kebutuhan belajar murid berdasarkan hasil observasi, asesmen, atau data lainnya.
- Tentukan variasi kebutuhan belajar, seperti gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat murid.
Menentukan Tujuan Pembelajaran
- Gunakan pendekatan ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree) untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur.
- Contoh: “Dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.”
Merancang Kegiatan Pembelajaran
- Pastikan kegiatan pembelajaran berhubungan langsung dengan tujuan pembelajaran.
- Deskripsikan pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan.
- Pertimbangkan kebutuhan belajar murid dalam merancang kegiatan.
- Contoh: Pembelajaran tentang ciri-ciri makhluk hidup dapat dilakukan melalui diskusi kelompok, eksperimen, dan presentasi.
Penerapan Diferensiasi
- Diferensiasi Konten: Menyediakan materi pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan tingkat pemahaman murid.
- Diferensiasi Proses: Menggunakan metode pembelajaran yang berbeda, seperti diskusi, proyek, atau pembelajaran mandiri.
- Diferensiasi Produk: Memberikan pilihan kepada murid untuk menunjukkan pemahaman mereka melalui berbagai bentuk, seperti laporan tertulis, presentasi, atau karya seni.
Penilaian Pembelajaran
- Deskripsikan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, lengkap dengan instrumennya.
- Pastikan penilaian mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
- Contoh: Penilaian dapat dilakukan melalui tes tertulis, observasi, dan rubrik penilaian proyek.
Contoh RPP / Modul Ajar Sederhana
Mata Pelajaran: Dasar dasar Otomotif / Gambar Teknik Otomotif
Kelas: X
Materi: Membuat proyeksi
- Tujuan Pembelajaran: Dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan ciri-ciri proyeksi dengan tepat.
Kegiatan Pembelajaran:
Pendahuluan (10 menit)
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan pentingnya memahami ciri-ciri proyeksi dalam gambar Teknik otomotif.
- Murid diajak untuk berbagi pengetahuan awal mereka tentang proyeksi.
Inti (150 menit)
- Diferensiasi Konten: Murid dibagi menjadi kelompok berdasarkan tingkat pemahaman. Setiap kelompok diberikan materi yang sesuai.
- Diferensiasi Proses: Kelompok melakukan diskusi dan eksperimen untuk mengidentifikasi proyeksi.
- Diferensiasi Produk: Setiap kelompok membuat presentasi atau poster dengan Canva dan gambar proyeksi dengan kertas ambar tentang hasil diskusi dan eksperimen mereka.
Penutup (20 menit)
- Kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka.
- Guru memberikan umpan balik dan merangkum pembelajaran.
Penilaian:
- Tes tertulis tentang proyeksi dalam gambar Teknik otomotif.
- Observasi selama diskusi dan eksperimen.
- Rubrik penilaian untuk presentasi atau poster dengan canva dan gambar proyeksi menggunakan kertas gambar
Umpan Balik dan Penilaian
Setelah membuat RPP / Modul ajar, unggah RPP/Modul Ajar tersebut di forum yang telah disediakan. Berikan umpan balik dengan menggunakan rubrik penilaian yang telah disediakan.
Posting Komentar untuk "Demonstrasi Kontekstual! membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)/ Modul Ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi. "
silahkan berkomentar yang sopan,hindari spam dengan yang bermanfaat