script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah mengetahui Cara kerja dan bagian sistem kemudi jenis rack and pinion

Mudah mengetahui Cara kerja  dan bagian sistem kemudi jenis rack and pinion

Fungsi sistem kemudi adalah untuk membelokan dan mengatur arah roda depan pada kendaraan dengan cara memutar roda kemudi.Pada sistem kemudi terdiri dari beberapa bagian antara lain.
Berikut ini adalah cara kerja dan bagian jenis kemudi rack and pinion pada kendaraan
mudah mengetahui cara kerja dan bagian rack and pinion

1.Stering wheel/setir
steringwheel / setir pada kendaraan unutk dioperasikan oleh pengemudi,ada beberapa stering wheel tergantung dari jenis kendaraan,misal terdapat stering wheel dengan ukuran diameter lebih besar dan diameter kecil yang disesuaikan dengan jenis kendaraan.dan tentunya steringwheel yang besar lebih ringan dibandingkan dengan yang kecil.namun sekarang untuk stering wheel yang kecil sudah dibantu dengan power stering untuk memperingan pengemudian.

2.Stering coulomb/batang kemudi
stering coulomb / batang kemudi juga terdapat beberapa macam dan juga banyak dilengkapi dengan sistem pengaman,sehingga jika terjadi benturan yang dapat memendek sehingga dapat menghindari penekanan balik ke pengemudi.

3.Stering gear/roda didi kemudi
stering gear/roda gigi  kemudi adalah komponen yang digunakan untuk menerima gerakan dari stering wheel yang diputar ditruskan ke stering coulomb dan dilanjutkan ke stering lingkage/sambungan lengan kemudi.
terdapat macam - macam jenis gear pada sistem kemudi yang sering dibuat nama pada sebuah sistem kemudi seperti rack and pinion,recurcilating ball,worm and sector dan lainya.

4.Stering lingkage/sambungan lengan kemudi
stering lingkage / sambungan lengan kemudi adalah komponen yang digunakan untuk menerima gerakan dari stering gear untuk selanjutnya diteruskan ke roda - roda bagian depan.
Sepeti gambar diatas adalah contoh jenis kemudi rack and pinion.cara kerjanya adalah
 jika stering wheel diputar diteruskan ke stering coulomb dan roda gigi pinion berputar menggerakan rack dari kiri ke kanan atau sebaliknya dari kanan ke kiri.dan diteruskan ke stering lingkage/sambungan lengan kemudi ke roda,sehingga roda depan dapat digerakan ke arah yang sama.
dan pada jenis kemudi rack and pinion biasanya sudah menggunakan power stering baik yang tipe hidrolik maupun power stering yang tipe elektrik.

untuk lebih mudahnya dalam mempelajari cara kerja sistem kemudi adalah sebagai berikut:
Mulai dari stering wheel /seetir ⇒ stering coulomb/batang kemudi ⇒ stering gear/roda gigi kemudi  ⇒ stering lingkage/lengan kemudi ⇒ roda.
Demikian bagian sistem kemudi dan cara kerjanya.
semoga bermanfaat.