script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam dan Kode Warna Sekering

Pada sebuah kendaraan sekering merupakan bagian dari sistem kelistrikan yang berfungsi sebagai pengaman,ketika terjadi gangguan pada sistem kelistrikan seperti hubungan singkat,arus yang berlebihan sekering akan terbakar sehingga memutus rangkaian sistem kelistrikan dan menjadi pengaman terhadap komponen yang lain.
Untuk lebih mudahnya sekering berfungsi juga untuk mencegah kerusakan komponen yang diakibatkan oleh arus yang berlebihan pada rangkaian sistem kelistrikan.Dapat juga untuk menakar atau mengamankan arus listrik yang melampaui batas atau berlebihan.
macam dan kode warna sekering

➤Macam - macam Sekering
Terdapat macam dan tipe sekering yang umum di gunaka pada sebuah kendaraan,seperti:
macam dan kode warna sekering
  • sekering blade dengan elemen metal dan pada bagian rumah tembus pandang dan juga diberi kode warna untuk masing - masing tingkatan arus.
  • sekering catridge terdiri dari terminal dan elemen penghubung arus serta dengan rumah kaca yang tembus pandang.
Untuk membedakan kapasitas dari masing - masing jenis sekering,tipe cateridge dari ujung logam dan tabung kaca yang tertera,sedangkan untuk tipe blade lebih mudahnya dapat dilihat dari warna rumah sekering.

➤Kode Waarna Sekering
Pada tipe sekering blade untuk membedakan kapasitasnya atau besar arus / ampere dapat dilihat dari rumah sekering dengan berbagai macam warna yang digunakan.
Terdapat juga jenis kode warna untuk sekering dengan jenis standar dan mini serta jenis kode warna untuk tipe sekering jenis maxi atau ukuranya kapasitasnya lebih besar dari jenis standar dan jenis sekering mini(kecil).
macam dan kode warna sekering

Baca juga:


Supaya lebih mudah kita mengenal macam sekering terdapat tipe catridge tembus pandang pada bagian rumah kacanya,sedangkan untuk tipe blade juga tembus pandang pada rumahnya dan dengan kode warna yang berbeda,Untuk tipe blade terdapat tipe standar dan mini/kecil sedangkan untuk kapasitas yang lebih besar menggunakan tipe maxi dan dapat dibedakan dengan masing-masing warnanya.